Uneg-Uneg Soal Motor Disini Tempatnya

27 March 2024

Yamaha All New Nmax 2023 Timbul Gredeg

| 27 March 2024

Assalamualaikum, Mas bro Mba sist. Sebelum meminang Yamaha All New Nmax 155, jujur sempat dibuat khawatir dengan adanya gredeg. Pengalaman OM di sepeda motor matik terbilang minim sehingga sama sekali belum paham apa parameternya untuk dikatakan sebagao gredeg. Mencari info di internet, masing-masing mempunyai pengalaman yang berbeda-beda. Dan apakah semua All New Nmax akan terjadi hal demikian? Jawabannya tentu berbeda-beda kembali, ada yang bilang tidak ada gredeg tapi mayoritas info yang dikumpulkan menyebutkan bahwa All New Nmax mereka mengalami gredeg. Yah daripada pusing untuk mencari jawabannya, lebih baik beli saja dulu.

Kenapa tidak mencoba saja dulu daripada langsung membelinya? Karena teman-teman OM hanya memiliki Nmax yang lama dan sudah pernah coba untuk menyewa All New Nmax, sudah bayar penuh dan dijanjikan ada pada hari H. Namun ketika di malam hari H dapat kabar bahwa kendaraannya belum pulang. Kesal karena pihak penyewaan motor terasa tidak amanah, maka diputuskan untuk langsung saja membelinya. Setelah membelinya dan sudah melalui hingga 7000km, yang OM dapat simpulkan bahwa akan ada gredeg parah hingga bodi motor bergetar hebat di kecepatan di bawah 20 kilometer per jam dan dalam kondisi mesin yang masih dingin.

Solusi untuk gredeg parah ini sebenarnya cukup mudah, yaitu dengan memanaskan hingga indikator suhu mesin di speedometer minimal mencapai 3 bar. Akankah langsung jadi hilang gredegnya? Jawabannya tidak karena solusi tersebut hanya meminimalisir gredeg dan memperpendek durasi gredegnya. Maksudnya bila sebelumnya perlu menempuh jarak hingga 3 kilometer dahulu, maka dengan solusi tersebut durasinya menjadi hanya 1,5 kilometer saja. Lalu gredeg yang mana lagi?

OM menyebutnya dengan gredeg biasa, ini terjadi ketika harus berhadapan dengan kemacetan di mana harus jalan perlahan dan lagi-lagi bila di bawah 20 kilometer per jam. Nah yang ini masih belum bisa ditentukan solusinya karena ada berbagai macam cara dan juga hasilnya. Ada yang bilang hanya cukup dengan per sentri Beat karbu, ada yang bilang harus pakai paketan mangkok kampas ganda yang dikartel dipasangkan dengan kampas ganda yang dipantek. Ada juga yang bilang baiknya harus memakai satu set mangkok dan kampas ganda dari aftermarket. Ada pula yang bilang cukup pakai kampas ganda original dari Yamaha Nmax Old 2DP. Tapi ada juga yang bilang perlu ditambah dengan membuat bolongan untuk melepas debu-debu lebih cepat.

Daripada bingung karena yang namanya analisis, harus ada pembuktiannya dan mau tidak mau harus eksperimen. Setelah menimbang, memikirkannya secara matang-matang maka OM memutuskan untuk mencoba mengganti kampas ganda original dari Yamaha Nmax Old 2DP. Alasannya karena cara ini yang paling banyak review positif dan bahkan bisa digunakan untuk lintas merk. Gampangnya cara ini yang mempunyai success rate tinggi dan sepertinya punya daya tahan yang tinggi. Untuk itu rencananya Jumat besok akan mencoba ke bengkel resmi untuk mengganti kampas ganda tersebut.

Doakan semoga lancar dan bisa menjadi solusi permanen untuk menghilangkan gredeg banget dan gredeg biasanya, aamiin. Untuk hasilnya akan OM sampaikan pada artikel berikutnya ya.


Related Posts

No comments:

Post a Comment