Saturday, September 4, 2010

Keunggulan dan Kelemahan Yamaha Scorpio Z

Yamaha Scorpio Z merupakan varian Yamaha dengan kapasitas mesin terbesar dijajaran line up Yamaha. Tenaga yang dimuntahkan juga cukup besar, yaitu 19ps@8000rpm,tentu ini jadi modal yang cukup menggiurkan bagi para speedlover walaupun desainnya model sport turing. Akan OM beberkan kelebihan serta kekurangan yang ada di Scorpio ini.



Kelebihan :

1. Memiliki kapasitas mesin (225cc) terbesar di kelasnya (kecuali anda masih mempertimbangkan Thunder 250, tapi kan sudah lama tidak diproduksi, sedangkan kalo Ninja 250 saya rasa tidak pantas disekelaskan)

2. Memiliki tenaga terbesar di kelasnya (19 DK. lainya di bawah itu)

3. Sudah menganut Mono Shock untuk suspensi belakang

4. Model Touring, namun tetap bergaya (biasanya kan model2 touring cenderung membosankan)

5. Biarpun paling besar kapasitasnya, tapi harga tidak semahal produk2 kompetitor terutama dari produk H*nda yang selalu overprize.

6. Konsumsi bbm per Km pas, maksutnya dibandingkan dengan sekelasnya, dia tidak boros dan tidak terlalu irit.

7. Harga Spare Part Genuine lebih murah dari pada produk kompetitor

6. Desain mengakomodir segala kalangan, baik Remaja, Ekskutif Muda (Kuliah, Pekerja, dll), hingga yang sudah masuk Usia Matang pun masih cocok naek ini.


Kekurangan :

1. Keluaran produk di 2009 lalu adalah keluaran terakhir, motor ini secara resmi oleh YMKI telah dihentikan produksinya (jadi kalo stock udah abis, ya sudah tidak keluar lagi). Yang ditakutkan ya sparepartnya bisa jadi langka, tapi ini kalo jangka panjang, semisal anda bakal makek motor ini sampe 10 - 15 tahun lagi (saya yakin benar-benar akan langka sparepartnya)

2. Kapasitas oli yang harus diisikan 1,25 Liter (jadi kalo beli anda harus 1 botol penuh ukuran 1 liter, dan 1 botol lagi ukuran terserah asal sama merk dan spesifikasinya untuk ditambahkan hingga pas 1,25 Liter ; bagi beberapa orang ini cukup merepotkan dan memakan biaya lebih dari pada motor sport lain yang rata2 cuma butuh oli 1 Liter saja)

3. Mono Shock belakang terlalu empuk dibuat goncengan, tapi kalo sendiri serasa sangat nyaman.

4. Harga jual kembali tidak sebaik produk2 kompetitor

5. Ketersediaan part substitusi tidak sebaik produk kompetitor.

6. Rem belakang masih teromol.

16 comments:

aryaka said...

gan ini bisa ngalahin new cbr 250 ngak?

Go record said...

klo msh std ting2 blm bisa bro tp klo poles dikit mesinnya, baru bs ngalahin

Anonymous said...

bro bagi tipsnya dong biar pio saya bisa ngalahin cbr 250

Go record said...

di cek nih masbro resepnya...
1. bore up pakai seher lhk ukuran 73mm, udah sekalian ninggiin kompresi.
2. noken as custom 280derajat.
3. porting n polish
4. cdi racing(bs BRT, Rextor n dll)
5. knalpot racing
6. karbu pe28 direamer jadi 30mm
7. koil yz125
8. busi ngk platinum
9. bbm pertamax
10. oli yang viskositasnya 10w-40

Agung Juliana said...

gan law mau bli bgus,y scorpio yg tau brpa

Go record said...

yg bagus thn 2005-2010 bro...
lebih proposional, selama ga bwa beban berat ga terlalu ambles monoshocknya.

Anonymous said...

Ubah Performa relatif gampang.

cz mesin udah 225cc, tinggal ganti karbu Keihin 24mm milik Ninja-R, tenaga langsung josss, ingin tambah kenceng lgi ganti cdi unlimiter.

brdasarkan pengalaman Karbu Keihin 24mm milik Ninja-R 150 2T"PALING PAS"(tenaga atas bawah berisi) dri pada pake karbu PE 28mm Nsr sp yg hanya bertenaga diputaran bawah, & harus setting PJ/MJ.

gajalan nyendat putaran bawah psti hilang.

Go record said...

kok bs bro pakai keihin 24mm di mesin 225cc bisa malah lebih klop daripada pakai karbu 28?pj mjnya pakai standar keihin 24mm?

Anonymous said...

pake kabrbu koso / pj 32mm!!! Mantep tuh!!!

Restu Wijaya Putra said...

pake pwk 30 ato pe sudco mas bro
in + out digedein
pak cop mesin g usah dipake
noken pasti harus ganti

anggi wibowo said...

Siipp

Sofianto Iyan said...

kalo seher standart di naikin 100 sama ganti karbulator pake ukuran 24mm gimana

Go record said...

@sofianto
kalo pake ukuran 24mm menurut OM masih belum mencukupi pasokan BBM.Apalagi untuk memenuhi kebutuhan bbm di atas 9000rpm.
Jadi paling mantab ya pakai pwk 30. klep in dan out tak perlu diperbesar, cukup diporting 80% dari klepnya saja karena klep standarnya sudah besar.....

Arie Riyadi said...

brooo gw mau nanya nihh... kalo scorpio th 2005 harga 6 jta.. gw sikat gakk yahh ???

Arie Riyadi said...

broo gw mau tanya nihh.. kalo scorpio th 2005 harga 6 jt.. gw sikat ngga nihh ??

Go record said...

@arie
itu surat2nya lengkap ga ya
kalo lengkap ya sikat aja bro

Post a Comment