Uneg-Uneg Soal Motor Disini Tempatnya

26 March 2015

Ciri Stang Seher Motor Oblak Rusak Beserta Suaranya

| 26 March 2015

Pengalaman itu memang guru yang paling berharga. Keseringan ngajak Si Jumeko main putaran tinggi terus, akhirnya stang sehernya sudah mulai “menyerah” di odometer 66900km. Nah...bagi Mas bro Mba sist yang lagi bingung cara mengetahui stang sehernya sudah oblak ataupun mulai aus, berikut adalah ciri stang seher motor oblak rusak dan ada suaranya looh.

Pernah mendengar suara mesin jahit manual? Yups...suaranya mirip seperti itu. Kolok kolok kolok...begitulah suaranya atau buat lebih jelasnya, di bawah OM sediakan juga suara aslinya.

Ciri yang kedua adalah getaran mesin lebih terasa daripada biasanya. Hal paling gampang adalah dengan melihat getaran di spion ketika kedua roda menapak tanah. Kalau lagi sibuk banget, bisa sambil memperhatikan saat perjalanan kok. Misalnya lagi ketemu lampu merah atau nunggu kereta lewat, ada waktu beberapa detik sehingga bisa memperhatikan kaca spion. Tentunya dalam keadan langsam ya. 

Yang terakhir ini adalah ciri stang seher oblak yang dalam masa kritikal alias sudah harus kudu musti diganti. Getaran dari stang seher sudah sangat terasa sekali. Biasanya belum sampai putaran 6000rpm, dari mesin sudah terasa getaran yang sangat kuat. Mungkin setara gempa 9 SR (lebay ah). Motor serasa goyang dombret sendiri dah. Maklum, itu karena putaran stang seher sudah tidak karuan bin kemana-mana. 

Saran OM bila stang seher sudah oblak bin rusak, maka segeralah diganti dengan yang baru dan dengan part yang ori. 



Related Posts

16 comments:

  1. thanks http://jasapenyewaanpartisi.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  2. thanks http://jasapenyewaanpartisi.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  3. Berlaku untuk semua sepeda motor ya?

    ReplyDelete
  4. jos infonya, , motor ku kalu mesin uda mati bunyi kluk kluk kluk,, itu stang nya bukan om,,

    ReplyDelete
  5. itu om punga sya suaranya ngecrik bngt,, semua udah di cek om, kecuali stang sher, kalo di bawa kenceng ngecriknya tmbh kecng abis itu motor lngsung mati om, apa itu pnyebab stang shernya???

    ReplyDelete
  6. mau tanya motor rx king saya itu kalau digas setengah itu biasa aja tpi kalau setengah ke pol itu kya kehabisan bensin/langsung mati itu apanya ya..mohon infonya

    ReplyDelete
  7. mau tanya motor rx king saya itu kalau digas setengah itu biasa aja tpi kalau setengah ke pol itu kya kehabisan bensin/langsung mati itu apanya ya..mohon infonya

    ReplyDelete
  8. Bos kalo scorpio turun gas semua gigi ada suara ngorok dari mesin . Kira2 apa nya ya ? Atau mungkin laher krug asa nya ?

    ReplyDelete
  9. Kereta saya vxionn gan
    Ada kyak suara gangsingan di dalam mesin ny. Di gas malah mangkin kuat bunyi nya. Itu apa nya ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek setelan tensionernya, mungkin terlalu keceng

      Delete