04 February 2010
Cara mudah Supra X 125 jadi lebih kenceng
OprekMotore | 04 February 2010
Bagi bro yang ingin Supranya jadi lebih kenceng,ada cara paling mudah biar lebih kenceng...
1. ganti CDI BRT hyperband (Rp 350rb) atau CDI BRT Dualband (400rb) atau mau pakai CDI yang lain juga boleh,tergantung selera dan budget.
2. ganti knalpot free flow (AHRS F3 Rp 150.000 dan Hrp racing series Rp 150.000) atau sterah ente mau yang lain juga boleh.
3. ganti gear set dengan gear set punya new supra fit (Rp 120rb)
4. reamer karbu jadi 24mm (standar 22mm)/ ganti karbu keihin 24)(reamer 45rb)
5. naikin pilot jet dan main jet satu step (pilot jet jadi 38,main jet jadi 78,harga pilot jet 20rb (kitaco),15 rb(extreem),main jet juga sama?
6. Pakai busi iridium
7. Ganti koil XP Andrion (jika CDI pakai BRT,tak perlu ganti koil)
8. kampas kopling menggunakan CLD (85rb),atau BRT (115rb)
9. per kopling dari CLD
masih kurang?bisa tambah lagi dengan..
10. ganti kem racing yang ada.(CLD Rp 350rb atau HRP Rp 250.000)
11. bore up jadi (sterah ente mau jadi 150 cc (pake seher thunder) atau 55,5 mm?
cuma kalo bore up memakai seher yang lebih dari 55,5, ente mesti ganti klep in dan ex menjadi (tergantung ente pakai seher apa)...
12. karbu juga tergantung ente make seher yang berapa karena ubahan karbu mengikuti ubahan mesin
ubahan no 1-9 top speed bisa 147 kpj,yg 10-12 gigi 3 bisa 125kpj tp kalo top speed bisa ente bayangin sendiri dah.masih ada ubahan yang lebih ekstrim lagi tapi segitu aja juga udh ckup kok.
moga berguna ya bro infonya,met cb n mga sukses
untuk motor HSX 125 injek gmN mas????????
ReplyDeleteberarti yg ga kepake yg numb 1,4,5, 7 dan 12
ReplyDeleteboss cara 1-9 udh gw buat tuk hsx 125 D guwe...
ReplyDeleteTp kcptannya gx bisa nympe 147km/jam.. Malahan kecepatannya 130km/jam, truz gas nya tiba2 mau mati, seperti : gas nya kosong, truz kek abiez minyak gtuu...
KENAPA BOSS KOK BISA GITU ? :)
CDI dan KOILnya pakai apa?kemudian berat badan ente brp bro krna berat badan bs ngaruh. kmudian gasnya tiba2 mau mati pas di putaran bwh atau atas?lalu pas ngetes di trek yang jaraknya berapa meter??
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteCDI nya BRT NEO HYPERBAND !
ReplyDeleteBrt badan ane cuma 30 kg, ane kn
msh anak-anak...
Matinya pas putaran atas...
Kira2 jarak 800-1 kg lahh...:)
kalo gitu coba mj naik lagi jadi 80.
ReplyDeletemalahan udh 120 boss..
ReplyDeleteAppa mngkin cdi nya yg kena y boss..
Ane pake semuanya standart, cm pake cdi racing aja, sama jg boss ?
tar dulu...karbunya pakai apa?karbu std atau karbu std direamer atau karbu ukuran 24mm?cdinya beli asli dan baru atau ngga?
ReplyDeletekarbunya pake yg stdr d reamer 23 mm kek gitu jg.. Trz ane pake pe26mm kek, dan trakhirnya ane pake keihin pe28 sama juga..
ReplyDeleteCDI ane beli asli N baru.
Gi mana tu bosss, tp jdi tnda tnya bwt ane...
Tiap gas2 tnggi d mlm hari lampu ijo nya idup-idup mati ( kelap kelip gitu )..
Apa mngkin krn aruz aki nya yg gx normal ?karbunya pake yg stdr d reamer 23 mm kek gitu jg.. Trz ane pake pe26mm, dan trakhirnya ane pake keihin pe28 sama juga..
CDI ane beli asli N baru.
Gi mana tu bosss, tp jdi tnda tnya bwt ane...
Tiap gas2 tnggi d mlm hari lampu ijo nya idup-idup mati ( kelap kelip gitu )..
Apa mngkin krn aruz aki nya yg gx normal ?
cek dulu tegangan akinya bro , kalo dibawah 12v,cb buat di strum dulu, mdh2an mau dia di strum. tp kalo ente pake aki bsh, cek jg ketinggian air akinya, siapa tau abs.
ReplyDeletekalo aki ternyata msh bagus, cb cek kiproknya, siapa tau dia ga nyimpen arus listrik.
mungkin aki nya kele boss, tiap d starter tanggung sampe 5x akinya tekor, trz hrz hidup melalui mesin..
ReplyDeleteUdh itu kiproxnya udh hampir rusak, lampu nya aja gax terang d mlm hari.. !mungkin aki nya kele boss, tiap d starter tanggung sampe 5x akinya tekor, trz hrz hidup melalui mesin..
Udh itu kiproxnya udh hampir rusak, lampu nya aja gax terang d mlm hari.. !
walah....ya kalo gitu udah jelas dari aki bro tapi kiproknya juga diganti aja bro cuz kalo ga diganti, aki bakalan tekor terus
ReplyDeleteom ane uda ikutin saran om cara mudah HSX125 jadi kenceng,tapi 1 belum diikutin yaitu soal karbu,ane masih bingung ukuran venturi karbu ane 24,yang om saranin reamer 24(standar 22)jadi bagaimana om?terus yang direamer itu yang mananya om?...
ReplyDeleteom om om , mau tanya ni , kalok pake karbu keihin pe24 ukuran PJ dan MJ nya berapaan ? dan ukuran PJ dan MJ standar keihin pe24 berapaan ? tolong di jawab om ..
ReplyDeleteterima kasih sebelumnya om ...
@perpadeli:itu mksdnya karbu stdnya bro, di reamer 2 mm. Nah kalo ente udah pakai ukuran 24mm, berarti ga perlu direamer.
ReplyDelete@raja : PJ 38 MJ 78
1. karena ente belum ganti gearset honda new supra fit mas bro. sebenernya top speed ente udah bagus kok mas bro, kalo punya OM itu ngaco karena sudah pakai gearset new supra fit. sensor speedometer hsx125/karisma ada di gear depan sehingga kalo diotak atik, pembacaannya jd ngaco. jd lbh baik jgn terlalu terpaku dgn raihan top speed OM ya..hehe tp klo mau coba pakai gearset new supra fit juga boleh kok.
ReplyDelete2. ada 2 penyebabnya bro. yg pertama bs krna stelan karbunya yg krng pas, biasanya stelan bensinnya terlalu bnyk, jd ada baiknya stelan bensin dikurangi dan stelan udara dibanyakin. yg kedua bs krna bunga api yg terpercikan dibusi lemah bro, bs krna busi yg udah mau mati, bs krna kabel koil dgn cop busi krng rapat.jd coba dicek dulu businya msh bagus ga, klo udah lemah maka ganti baru, jgn lupa kencengin lg sambungan antara kabel koil dgn cop busi.
3. itu krna gigi 4 dibuat overdrive (diseting berat perbandingannya), dibuat tuk keamanan, jadi kecepatan bertambah hny dikit. nah kalo mau ngakalinnya, butuh tenaga yang bagus diputaran atas. caranya mau ga mau harus bore up mpe jd karakter over bore, kemudian pakai klep gede sesuai bore upnya, karbu juga ikut diperbesar. tak lupa noken as dicolek agar bukaan klep jadi makin lama.
kalo mau ganti gear ratio yg lbh berat(krna tuk kejar ptran atas), maka tenaga mesin jg musti ditingkatkan agar gigi 4nya bisa "aktif". sbnernya klo mau suara mesin jd agak halus wlpn udah pke noken as racing, ada caranya tp hrs psng klep lebar, nah ktika mau psng klep lbr, usaha kan pkai klep yg panjangnya lbh pjng 1mm dari klep standarnya. maka dgn bgtu suara klep yg ksr jd berkurang. nah mslhnya klo ente ga mau bore up tp mau psng klep gede, putaran atas jadi lbh baik tp putaran bwhnya agak loyo, bs pakai klep sonic maka peak power ada direntang 9000-10000rpm,bgs agar gigi 4 nya bs jln tp ada baiknya kompresi dinaikan jd 10,5:1 agar bantu putaran bwhnya.jd bwah ga loyo dan atasnya dapat.
ReplyDeleteOM Go record...
ReplyDeleteMau tanya...
kalau dari point 1-9 saya mau diaplikasikan di hsx125 ane...
tapi mau dicicil.. dana tipis soalnya ga bisa langsung...
Mana yg terlebih dahulu yg harus dibeli dari pont 1-9
urutan yg harus dibeli satu persatu... oh yah ... kalo point 2 saya sudah beli...
mohon bantuannya
poin 1 dan 6 yang didahulukan mas bro....
ReplyDelete@hartoyo: wah mas bro jangan ganti ukuran 41, itu kan ngejar akselerasi banget. nafas mesin jadi pendek2 nnt. kalo mesin masih standar, ada baiknya ganti gear set punya honda new supra fit aja. akselerasi bgus tp top speed juga ga keteteran
ReplyDeleteHOS Cokroaminoto no 11b.ciledug, tangerang.
ReplyDeleteGan...mohon petunjuknya dong...lokasi ane di ciputat...mo reamer karbu terdekat daerah mana ya ?? atau boleh minta nama workshopnya yg di ciledug itu ?? Makasih ya...
ReplyDelete@firman: ke daerah dewi kartika aja bro, kalo ga salah ada bengkel yang bisa reamer atau cari tkng bubut.
ReplyDeletemhn maaf mas bro, per 15 Januari 2012 sdh ga ada workshop lagi..hehe
Permisi OM, ane ada sedikit masalah sama mtor ane, ane baru pasang kopling manual, tapi kok bocor ya, udah 2x ane ganti bak kopling tapi yang kedua sama saja.. Mohon petunjuknya OM. Terima kasih sebelumnya
ReplyDeletecoba mas bro cek kondisi fisik bak koplingnya, terutama di sisi terluarnya krna siapa tau ada yang bopel, jd oli bs merembes keluar.
ReplyDeleteklo ternyata tidak ada, pastikan paking terpasang sempurna dan kemudian diberi lem besi
Bocornya selalu di tempat yang sama boss, di tempat as kopling.. Ketika handle kopling d pencet olinya keluar.. Gimana mas brow.. Ane bawa mtor supra x 125, ane udah ganti per kopling, pake brt. Mohon penjelasanya OM
DeleteIni koplingnya model tempel atau pantek?kalo yg tempel biasanya memang seprti itu krna kurang presisi.
ReplyDeleteklo model pantek, berarti memang ada yang bocor jd dilas aja bro
Kopling saya model pantek, saya ada masalah lagi om, waktu saya pake perjalanan jauh penuh tanjakan dan tikungan, tiba2 di pertengahan jalan mtor saya gak mau lari, suara mesin gak beres, trus knalpotnya keluar asap, gimana tuh om, kira2 berapa biaya perbaikinya? Mohon bantuannya, thanks sebelumnya
Deletecoba cek payung penonjok koplingnya mas bro, biasanya masalah ada disana. minta dibuatin lagi pakai bahan duralium yg tahan gesek. kira2 abs 150rb-200rb bro.
ReplyDeletecoba cek payung penonjok koplingnya mas bro,biasanya sih krna sudah terkikis banyak, jadinya bgtu. minta dibuatin pakai bahan yg lbh kuat, perkiraan biayanya 150rb-200rb
ReplyDeleteMaz br0w.
ReplyDeleteHelp me..!!
Ne spesifikasi hsx 125 gue.
Cdi brt dual band, per k0pling (3 ori, 3 brt) soalnya klu brt smua,keras brow.
Per kelp TK, krbu reamer 24, in out ma noken as di forting, pengapian dnaikin, knalpot ahrs f3,piston kit pake jupiter oversize 150 d bubut jadi cembung. Gear depan pake 13 san, ban 70/80 n 80/90.
Brat bdn 63.
Sama jupi mx lewat br0w.
Yg m0 sya tnyakan, gmn crnya biar biza ngalahin fu std.
Soalnya gue d tntang teruz brow..
Apa yg perlu d tndak lanjuti brox.
Tlng sarannya.
sory mas bro baru balas....
ReplyDeletesblmnya ada yg OM mw tny, itu pistonnya pakai pny jupi z oversize 150,berarti ukuran pistonnya 52,5mm ya mas bro?Seharusnya pakai piston kaze aja sekalian mas bro tp cari yg aftermarket yg msh mentah, jd selain kompresi naik,kapasitas mesin jg naik wlpn dkit.
klo mau ngalahin fu std..
1. bore up pakai piston blitz joy std,cri yg aftermarket macam izumi yg mentah biar bs dibentuk cembung lg.jgn lpa pakai boringnya juga.
2. pakai klep cs1
3. karbu king atau apa aja yg ukuran 28mm.
4. ukuran gear klo tuk jarak pendek ttp segitu tp klo lbh dari 800m lbh baik gear depan dijadiin standarnya lagi.
mas bro...
ReplyDeletemw nanya nih,kalo yg supra biasa kan stel karbu, kalo yg pgm-fi itu stelan ny bisa di ganti ga ya?
Bisa mas bro, yaitu dengan minta distel COnya.ibaratnya jika ingin gedein angin, maka COnya minta ditambah +3 atau + brp gitu. Nah klo sudah bore up juga bisa, yaitu dengan mengganti injectornya dgn yg lbh besar.
ReplyDeletebro,hsx125 bisa pake kampas kopling mx ga?trus bisa pake per kopling-y smash kah?
ReplyDeleteGan, untuk step 1-9 klo karbunya ane pake keihin PE 28 gmn tu???
ReplyDeleteMinta saranya ne buat olinya yg bagus apa ya gan?
Untuk kantong pelajar aja
Om, mohon solusinya dong...
ReplyDeleteCara 1-8 udh gw lakukan, kecuali no.9. Tapi pj-mj gw setel 35-110. Masalahnya :
1. Pada gigi 3 saat ingin mencapai maksimum tiba2 ada tersendat.
2. Jika sudah ngebut lalu menuju pelan kadang2 muncul suara ledakan bukan tembakan ya ( boom).
mohon solusinya om2 sekalian...
thanks
Mas bro, mw nanyak ni
ReplyDeletehsx 125 biar loncat2 d pkekin ap ? Mkasih
gan supra x 125 ane udah di ganti:
ReplyDelete1. main jet sm pilot jet naik jd 88 , 48
2. piston kz oversize 100
3. knalpot bobrokan
4. gir 40 TK
5. gas spontan bungbon
6. tabung yeis yamaha rx.king
7. psng 9 power 3 biji biar irit
8. noken as kawahara k-2
9. pake kopling
10. kanpas kopling tdr
11. per kopling tdr
akselerasi mantep sih cm ko tembus sampe 140kpj ya itu juga mesti panjang jalannya -__-
mohon pencerahannya :) rncana sih mau ganti cdi BRT cm lg nabung dulu hehe
motorku jg suprax125 tahun 2005.. tp mtor q bs jln 137 km/jam.! pkek geir stndart..
ReplyDeletetp durasi kurang lbih 500 eter. tarikan agk gk enk di gigi 3 hnya bs jln 100 km/jam tp gigi 4 x dahsyat narik x cpt bgt
Bro supra 125 saya
ReplyDeleteBore up seher blitz std original kawak
Cdi brt
Knalpot Ahm drag
Busi iridium
copbusi ktc
Kampas kopling brt
Karbu orinya naik satu step pj/mjnya
Sisanya standar
Kok malah akselerasinya yang ngelunjakya
Sampe lompat tiap ganti gigi.
Padahal gearset standarnya.
Oh iya saya mau tanya mas koil motor honda yang 0ohm / ga ada hambatannya apa ya?
Yang kabelnya sepanjang punya koil aslinya
denger denger sih punya vario tapi apa benar koil vario 0ohm dan sama dengan koil supra 125.
Thanks
Om itu semua dari point 1 - 9 apakaj bisa dibuat untuk harian dan tanjakan om sorry om
ReplyDeleteOm itu semua dari point 1 - 9 apakaj bisa dibuat untuk harian dan tanjakan om sorry om
ReplyDeleteomm mtor sya supra x 125.naik seher kaze 100. blok papas 1mm.karbu remer jdi 24. pilot jet standar 38 jdi 42.girr pke supra fit.knalpot pke CLD c1.kampar kopling pke racing yg pu'y CLD.per kopling pke CLD jga.yg laenny standar. wkt tuh enak omm.tpi kok smpai sni g enk.agak ngebul.tpi bkan ngebul putih. kompresi agak ilang omm. seher ato blok g da yg baret
ReplyDelete@firman
ReplyDeleteBisa sih tapi mx yang 4 speed
bisa bro
@anony
Bisa tapi harus temukan ukuran spuyer yang pas ya
oli semuanya bagus tapi ga usah mahal2 yang penting rutin diganti tiap 1000km
@firman rahmadi
Kalo tersendat bisa karena busi yang udah lemah atau bisa karena mj nya kurang tinggi
stelan karbunya masih kurang pas bro
@olia
Agak susah bro karena memang bawaannya smooth tapi susah bukan berarti tidak bisa ya. Bisa tapi harus dirapetin lagi rasio transmisinya
@ikhwan7
Hehehe ya mau gimana lagi bro. Kan ubahannya masih kohar. Kalo mau lebih ya musti nambah lagi
@fatkhur
wuuiiiihhh manteb tenan kuwi bro
@danji
OM kurang tahu bro. Maaf.
@anony
ReplyDeletebisa bro
@anony
Bukan ngebul putih berarti yang warna hitam ya? Itu pertanda pasokan BBM terlalu banyak bro dan coba stel setingan karbunya dulu. Bila masih belum bisa maka spuyer harus turun.
wah mahal bgt ente,,,mw lari sgtu
ReplyDeleteper klep 2x,per kopling 4x ganjal ring nozel rp 14000
kampas ganjal seng tipis dibentuk mirip bentuk kampas kopling 1 ekor
main jet n pilot jet drojok sendiri ukuran g tau,hehehe
geser noken as gear 1 step
cdi rombakan sendiri
busi platinum nsr power platinum rp 15000
topspeed 127 kmh
lumayan buay harian,,n blpan anak2 smp 20 ribuan
200 meteran asyikkkk
@boy
ReplyDeletebikin kencang itu mudah dan murah bro tapi untuk dikombinasikan dengan daya tahan yang bagus itu sulit
om mau tanya spek supra 125 gw :
ReplyDelete- knalpot CLD OVAL C-1
- kopling manual
- per + kampas TDR
- Busi TDR
- CDI BRT powermax dual band
- ban 215 / 225
- arm super track
- karbu standar, pilot , main jet naik 1 step
kenapa tarikannya berat banget ya napasnya juga pendek ga enak. gas mentok 125 km/jam itu juga track nya 600an lebih.
gw rencana mau ganti gear SSS biar tarikannya enak pake ukuran berapa ya?
apa lagi yg harus di rubah om??
thanks :)
125kpj di 600m kan sudah kencang bro. Apalagi mesin tak kena "sentuhan". btw2 gear setnya tidak ada yang diubah kan?
ReplyDeleteKemungkinan besar masalah tarikan berat ada di kopling manual. Rada selip sehingga terasa berat. Bisa juga karena stelan anginnya belum pas.
Mas bro mau fokus di jarak berapa meter?
salah satu trik lain adlah ubah jadi kopling manual,
ReplyDeleteudah ada yg nerapin coba browsing aja
di gear 3 tembus 90 ++ kpj
klw sama porting polish plus main di ECU (untuk supra 125 helm in injeksi yah)
atau main kruk as
140 kpj sih masih masuk akal banget,PWR nya gede itu.
btw jgn lupa part2 lain pndukung nya ikut di perhatikan, misal rantai dan transmisi,
Cz klw power naik tapi prangkat pnyalur power ke roda msh std, kuatir rantai cpet mulur, awalnya sih bakal rajin stel2 as roda, lama2 pas keasikan ngbut bisa putus/lepas tuh rantai,
permisi om..mau minta saran nih..saya punya supra x 125 tahun 2013..rencana mau ningkatin akselarasi tanpa oprek mesin..ada beberapa opsi :
ReplyDelete1. ganti karbu PE
2. ganti kampas dan per kopling racing ( oiya minta review dikit dong om mengenai per kopling CLD atau yang direkomended) dan terakhir
3. perbesar MJ dan PJ
kira2 mana ya om yang lebih direkomended dengan budget minim..mohon coretannya om..thanks
om ane mau tanya, ane punya mtor supra x125D yg msih std tpi tenaga y nggak ad,misal gigi mtor 1 kecepatan y 40, gigi ke 2 kecepatan 60, gigi ke 3 dan ke 4 hanya kecepatan 80 dijalan lurus tanpa boncengan, jika boncengan ditanjakan gigi ke 2 hanya kecepatan 60 dan gigi ke 3 nggak naik kecepatan mtor y, lw bleh tau ap yg hrus diganti om tanpa membobrok mesin atau mengganti isi mesin di dalam y soal sya mau mesin itu tetap std tanpa diganti isi dalam mesin, mhon penjelasan y om :(
ReplyDeletekang,, mau numpang nanya nihh
ReplyDeletesepeda saya supra x 125 mesin dan semuanya masih ori tapi bannya saya perbesar jadi 275 buat ban depan dan 300 untuk ban blakangnya
ohiya juga saya kasih peninggi motor kang grin emoticon
nahh efek dari modifikasi kecil2an itu tarikan motor saya makin berat kang
pertanyaannya tuh gmna cara menambah tarikan akselerasinya biar makin top tapi juga menambah top speed di putaran atasnya kang ??
Motor ane supra x 125 mass bro.
ReplyDeletekarburator keihin pe28.
Cdi brt.
Busi iridium.
kopling kampas kawahara per daytona.
Noken as kawahara k-2.
Oversize 200 seher kaze.
Gear depan 13 blakang 40.
Knalpot techno opal.
tapi kecepatan ny cuma dapet 130 mass bro kasih solusi ny dong!!
Bro saya mau nanya honda karisma saya seher oversize kampas kopling and ganda racing belum karbu orisinil bagaimana cara mau akselarasi mantap ban ngankat
ReplyDeleteBro saya mau nanya honda karisma saya seher oversize kampas kopling and ganda racing belum karbu orisinil bagaimana cara mau akselarasi mantap ban ngankat
ReplyDeleteNyimak mas
ReplyDeleteJngan kencang² mas nyr nabrak becak.
ReplyDeleteMotor sya stndrt shorum bro top spedya 135 kpj da pas lh buat hrian.
Saya mau tnya ni bro knpa ya HSX sya oleng klo di bwa ngbut di kcptan 100 kpj ke ats.
Mhon info dan saraya broo sesma rider HSX.
Kalu oleng pas kecepatan tinggi itu karnobdr konstruksi body bawaan motor mas yg aerodinamis ga sempurna buat mecah angin,pernah merhatiin satria fu ,kenapa di bawa 130 adem ayem. Karna aerodinamis mbelah angin... Terus dr faktor pegas depan jg ngaruh kalo honda terlalu lembut kalo bawa 100 belokan goyang motor nya..
DeleteBohong banget ilmu nya kalo yg naek berat badan nya 30kg percaya gw langkah 1 sampe 9 ente apalagi body HSX masih kepasang utuh ente sorot juga aerodinamis angin nya...wkwkwkwkwkw ilmu anak alay bray jgn2 kecepatan segitu distandari 2 ga ada beban...
ReplyDeletemas kalau gak pake busi iridium bisa gak
ReplyDeleteDari sekian yg saya baca, the best lh buat mekanik satu ini...
ReplyDeleteN saya minta solusinya bos, saya baru dapet Supra x injeksi karna dapatnya cuma sasis sama mesin, dirakit2 jadi lh motor cukup layak, CDI pakek asli absolute, kiprok jga, spull bawaan, karbu pwk 32, tpi g' enak klo di gas rpm tinggi, bisa minta solusinya gak bos, yg cukup nyaman dikantong dan buat harian bisa sedikit 2 di geber gitu...
Terima kasih