Assalamualaikum, Mas bro Mba sist. Adanya penyematan kata Turbo di nama Nmax, membuat banyak orang terutama yang cenderung Performance Oriented menjadi sangat penasaran dengan performa Nmax "Turbo". Terutama yang sudah kadung kecewa karena Turbo yang dimaksud bukan Force Induction dengan "Keong". Padahal sudah dari awal teaser muncul, kata Turbo diawali dengan tanda kutip dan diakhiri tanda kutip. Apapun itu, pembuktian performa akan jadi penentu apakah para Speed Lover ini akan menerimanya atau tidak.
Dan akhirnya yang ditunggu tunggu, media nasional Otomotif sudah merilis video di akun channel nya OtomotifTV adu drag antara Nmax Turbo dengan PCX 160. Nmax "Turbo" di odometer nya sudah menempuh 500an kilometer, sedangkan PCX160 sudah menempuh jarak sekitar 1400an kilometer sehingga kondisi mesin masih terbilang fresh dan sudah melewati masa inreyennya ya. Untuk bobot joki sudah diusahakan disamakan sehingga faktor bobot joki bisa dieliminasi, lalu bagaimana dengan performanya?
Nmax Turbo S-Mode Y-Shift
0-60 kpj : 4,87 detik
0-80 kpj : 8,55 detik
0-100 kpj : 15,87 detik
0-201 m : 11,67 detik
0-402 m : 19,1 detik
Top Speed on Speedo : 121 kpj
Top Speed on GPS : 116 kpj
PCX 160
0-60 kpj : 5,2 detik
0-80 kpj : 9,7 detik
0-100 kpj : 16,8 detik
0-201 m : 12,2 detik
0-402 m : 19,7 detik
Top Speed on Speedo : 119 kpj
Top Speed on GPS : 113,3 kpj
Bila melihat hasil di atas sudah sangat jelas ya bahwa performa dari Nmax "Turbo" dengan S-Mode dan Y-Shift sudah bisa meninggalkan PCX 160 sedari awal hingga akhir. Makin terlihat sekali untuk menggapai kecepatan 100kpj bisa beda 1 detik yang mana 1 detik itu sudah bisa jauh jaraknya. Sebenarnya bila diadu dengan PCX160, dengan Nmax Gen2 pun PCX160 hanya menang di akselerasi awal saja tapi dengan Nmax "Turbo" ini PCX160 seolah-olah dibuat seperti tidak ada keunggulan sama sekali.
Jadi timbul rasa penasaran, bila diadu dengan Vario 160 apakah Nmax "Turbo" ini sanggup memberikan perlawanan?
Spesifikasi Yamaha Nmax "Turbo"
Tipe Mesin : 155cc Blue Core, VVA, 4 Valve SOHC + YECVT
Jumlah/Posisi Silinder : Single Cylinder
Diameter x Langkah : 58 mm x 58.7 mm
Perbandingan Kompresi : 11.6 : 1
Daya Maksimum : 11.3 kW / 8000 rpm
Torsi Maksimum : 14.2 Nm / 6500 rpm
Berat : 132 kg
Spesifikasi Honda PCX160
Tipe Mesin : 4 Langkah, SOHC, PGM-FI, berpendingin cairan, eSP
Jumlah/Posisi Silinder : Single Cylinder
Diameter X Langkah : 60 x 55,5 mm
Perbandingan Kompresi : 12:1
Daya Maksimum : 11,8 kW (16 PS) / 8.500 rpm
Torsi Maksimum : 14,7 Nm (1,5 kgf.m) / 6.500 rpm
Berat : 130 kg
No comments:
Post a Comment