Uneg-Uneg Soal Motor Disini Tempatnya

21 May 2023

Review Oli Shell Advance Ax-7 di Jupiter MX 135 Old

| 21 May 2023

Mas bro Mba sist. Tercatat sudah sekitar 2500 km, Jumeko diisi oli mesin dari Shell Advance AX-7. Sudah dua kali penggantian di mana penggantian yang pertama ada di 1500km atau tepatnya setelah bersandar di Pelabuhan Merak dan menemukan SPBU Shell. Yang kedua ada di 1000km karena akhirnya memutuskan untuk drop pemakaian oli Shell Advance AX-7 dan menggantinya dengan oli mesin dari merk dan tipe yang lain. Loh kok kenapa bisa begitu? Ada apa dengan AX-7 yang bukan SevenFold ini?

Sebelumnya kenalan dahulu dengan motor harian dari Yamaha, yaitu Jupiter MX 135LC rakitan tahun 2009 yang mana bisa dibilang generasi pertama tapi sudah mengalami peningkatan dari versi yang sebelumnya. Jumeko ini sudah menemani dengan “menggelinding” Bersama sejauh sekitar 164.000 kilometer. Jadi masa bakti Jumeko ini sudah 14 tahun dengan jarak tempuh 164.000 kilometer.

Alasan memilih oli Shell Advance AX-7 karena ingin mencoba kembali bagaimana performa dari oli tersebut. Honestly, dahulu pernah punya pengalaman yang kurang enak dengan oli ini. Namun tetap nekat untuk mencoba kembali karena rasa penasaran akan performanya, apakah sudah ada perbaikan atau memang itulah karakter dari oli Shell Advance AX-7. Dan hasilnya seperti apa?

Panas, cepat encer, suara mesin jadi lebih kasar, dan performa mesin jadi berkurang. Mungkin karena memang ini oli termasuk encer dibandingkan dengan oli dengan kekentalan 10w-40 dari merek lainnya sehingga menyebabkan selip kopling sering terjadi. Sungguh tidak enak sekali Ketika berhadapan dengan kemacetan yang tentu saja Panjang dan tidak hanya di satu titik saja. Tentu saja kopling sudah distel namun tidak membantu dan selalu saja slip kopling. Karena slip kopling itu lah yang menyebabkan panas yang cukup berlebih.

Tentu bukan oli Shell Advance AX-7 yang jadi penyebab utamanya, lebih ke kurang cocoknya oli tersebut dengan kondisi mesin dari Jumeko yang mungkin celah antara part mesinnya sudah termasuk ke longgar sehingga membutuhkan oli mesin yang lebih kental. Analisis sementara, oli Shell Advance AX-7 lebih cocok ke mesin generasi terbaru yang celahnya lebih presisi sehingga bisa masuk ke part bagian terjauh. Jadi untuk Mas bro Mba sist yang ingin memakai oli Shell Advance AX-7 di motornya, coba perhatikan umur mesin dan jarak tempuhnya.


Related Posts

No comments:

Post a Comment