Uneg-Uneg Soal Motor Disini Tempatnya

04 April 2015

Nopol "B" Tak Terdaftar di Samsat Jakarta - Bukan Berarti Palsu dan Jangan Panik!

| 04 April 2015

Kendaraan bermotor baik roda dua atau lebih dari dua, untuk bisa secara sah dikendarain tentunya harus dilengkapi dengan surat kepemilikan. Tak lupa juga ada nomor polisi (nopol) atau Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang tentunya akan ada identitas Sang pemilik kendaraan. Karena itu, tak heran kalau ada sesuatu hal yang tidak diinginkan, nopol lah yang pertama kali diingat. Terutama di Jakarta, apalagi samsat Jakarta menyediakan situs untuk mengecek nopol kendaraan ( samsat-pkb.jakarta.go.id/INFO_PKB/). Ada masalah lalu lintas, tak sedikit yang mengecek nopol yang lain. Dan malah terkejut tatkala mendapati bahwa nopol yang dicek tidak terdaftar di samsat online Jakarta. Padahal jelas-jelas no platnya di awali huruf "B", pertanda itu daerah Jakarta tapi kenapa tidak terdaftar?


Contoh kalau terdaftar di samsat Jakarta
Tak perlu heran bin panik plus kaget bukan kepalang karena tidak semua plat "B" itu motor Jakarta asli. Ehehe...maksudnya domisili pemiliknya belum tentu ada di Jakarta. Pemilik motor yang berdomisili di daerah pinggiran Jakarta seperti Tangerang Selatan, Tangerang, Bekasi, Depok, kebanyakan platnya juga akan "B".


Dari dahulu sudah OM buktikan kok, OM masukkan nopol dan tidak terdaftar. OM tidak kaget ataupun panik karena sadar bahwa domisili memang ada di pinggiran Jakarta dan tentunya data motor tidak ada di daerah Jakarta. Dan itu terbukti tatkala mengurus pajak plus perpanjang plat nopol. Data motor terdaftar di samsat di daerah domisili. 

Jadi kesimpulannya adalah...
Plat "B" diperiksa di samsat online Jakarta tapi tidak terdaftar disana  itu bukan berarti nopolnya palsu tapi kemungkinan besar domisili yang empunya plat "B" tersebut ada di daerah pinggiran Jakarta. 


Related Posts

2 comments:

  1. Thanks bang,,soalnya saya beli motor second dan saya cek pajaknya dan tidak ditemukan..

    ReplyDelete
  2. Mobilq jg kok ga terdaftar di Jakarta.....gmn ya...?

    ReplyDelete