Uneg-Uneg Soal Motor Disini Tempatnya

23 March 2015

R15 Tak Perlu ABS Lantaran Power Kecil, Lalu NMAX ABS Buat apa

| 23 March 2015

OM serasa dejavu deh bila memperhatikan statment dari petinggi Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Dahulu bilang bahwa “Blue Core” hanya diterapkan di matik. Tapi nyatanya di sport versi India, diterapkan pula itu “Blue Core”. Sekarang bikin lagi pernyataan yang menurut OM rada aneh bin ajaib.


Awalnya ketika OM membaca sebuah artikel di detikOto, tidak ada yang aneh ketika membaca judul dan paragraf awal. Bertepatan dengan peluncuran YZF-R25 ABS(Anti brake Lock System), maka ditanyakan pula apakah YZF-R15 akan diaplikasikan fitur ABS atau tidak. Namun, alangkah terkejutnya OM ketika membaca jawaban dari GM After Sales & Motorsport PT YIMM, yaitu Pak M Abidin.


“Sampai saat ini R15 belum ada rencana pakai ABS. Kalau R15 kan powernya kecil (jadi) buat apaan ABS”

Intinya sih power kecil buat apa ada fitur ABS. Lucu, lalu untuk apa fitur ABS ada pada matik gambot mereka yang bernama NMAX 150. Tak perlu uji performa deh,cukup melihat spesifikasi tenaga juga akan jelas terlihat bahwa R15 mempunyai tenaga yang lebih besar dari NMAX 150. Tenaga maksimal NMAX 150 adalah 14,8dk (11,1 kW) dan R15 16,35dk (12,2 kW).

spek R15

OM hanya bisa geleng-geleng pala berbi aja deh. Mas bro Mba Sist bagaimana? Mau ikutan geleng-geleng pala berbi?

spek nmax 150

Related Posts

3 comments:

  1. ane gak ngerti motor om maaf ya kalo cuma nerspekulasi asal.. kalo menutut ane sih nmax pakai ABS dikarenakan doi matic dan matic biasanya suka ngesot atau lock kalo ngerem. Kalo r15 kan manual bisa diakalin pake gigi pengeremannya jafi ane rasa memang gak perlu abs di r15
    terimakasih dan maaf :)

    ReplyDelete
  2. ane gak ngerti motor om maaf ya kalo cuma nerspekulasi asal.. kalo menutut ane sih nmax pakai ABS dikarenakan doi matic dan matic biasanya suka ngesot atau lock kalo ngerem. Kalo r15 kan manual bisa diakalin pake gigi pengeremannya jafi ane rasa memang gak perlu abs di r15
    terimakasih dan maaf :)

    ReplyDelete