Uneg-Uneg Soal Motor Disini Tempatnya

25 November 2013

Yamaha VMAX, Muscle 1700cc Dibanderol Rp 500 juta, Edian!

| 25 November 2013
VMAX dirilis pertama kalinya di tahun 1985, didesain oleh Atsushi Ichijo, Ed Burke dan John Reed. Di tahun pertama dikeluarkan, VMAX langsung menyabet Bike of The Year versi Cycle Guide.Edisi 2014 VMAX memiliki mesin yang lebih besar dalam sasis yang lebih compact untuk mendapatkan akselerasi mengagumkan dan handling tepat. Motor muscle di abad 21 ini mesinnya super powerfull berkapasitas 1679 cc dengan mesin tipe V dan didukung dengan teknologi Yamaha selalu menjadikannya lebih bertenaga. VMAX merupakan motor 4 silinder mass production terbesar, dengan tenaga 200 Ps pada 9.000 rpm dan torsi 166.8 Nm pada 6.500 rpm.


Untuk menjadi motor seperti itu, mesinnya dilengkapi teknologi untuk meningkatkan performa yang tinggi dengan mesin yang compact, 16 valve, pent-roof combustion chamber ; sudut valve yang tegak ; desain mesin  langkah pendek ; rasio kompresi tinggi ; busi iridium ; forged alumunium pistion ; cylinder dilapisi ceramic-composite. 

Dan untuk mendapatkan connecting rod yang diproduksi dengan metode fracture split sehingga lubang big-end bearing sangat presisi dan kuat. Teknologi sama yang digunakan pada YZF-R1. Mesinnya pun dilengkapi YCC-I dan YCC-T serta teknologi khas Yamaha yang membuat tenaga terus bergulir di setiap tingkat kecepatan, karena panjang pipa udara bisa menyesuaikan dengan kebutuhan mesin. VMAX tampil kekar dengan bentuk mesin terlihat sangat gagah yang menonjolkan desain motor khas Amerika. Detail bodi diselesaikan dengan hand-made yang menghasilkan tampilan sangat eksklusif. 

Untuk menopang bobot dan karakter motor besar ini, didukung kaki-kaki yang kuat, besar dan tangguh. Velg berukuran 18 inchi dengan ban depan ukuran 120/70 dan ban belakang 200/50 membuat motor terlihat kuat dan tangguh, serta dilengkapi sistem pengereman ABS (Anti-Lock Brake System).  Fitur ABS membuat cakram tidak langsung terkunci saat melakukan pengereman sehingga jarak pengereman pendek dan stabil saat menggunakan rem di permukaan licin. Kinerja rem pun lebih maksimal berkat rem depan ganda dengan caliper one-piece radial mount, radial-pump master cylinder dan adjustable lever serta cakram belakang.

Suspensinya yang kokoh mampu meredam pergerakan motor dengan lembut dan mudah dikendalikan, selain itu juga fleksibel karena dapat disesuaikan dengan keinginan pengendara. Knalpot VMAX berbahan titanium dengan empat lubang keluar yang menghasilkan suara mantap sesuai karakter motor besar.

Knalpotnya memiliki teknologi EXUP (Exhaust Ultimate Power Valve) yang mampu menyesuaikan gas buang dengan putaran mesin yang menghasilkan tekanan gas balik sempurna sehingga Torsi mesin semakin maksimal. Rem lebih maksimal berkat rem depan ganda dengan caliper one-piece radial mount, radial-pump master cylinder & adjustable lever serta cakram belakang. Koplingnya terasa halus ketika menurunkan gigi karena dilengkapi teknologi slipper clutch yang dapat meredam torsi di bagian roda belakang saat pindah gigi ke posisi lebih rendah pada putaran mesin yang berlebihan.

Related Posts

No comments:

Post a Comment