Kehadiran Kawasaki Bajaj Pulsar 200NS memang membuat jagat dunia baik dunia maya maupun nyata menjadi terguncang, bagaimana tidak?Tampilannya yang naked bike dengan garis tegas yang sporty plus komposisi body yang kompak bisa membuat orang yang baru pertama kali melihatnya, akan berkata “WOW”. Ditambah lagi dengan tenaganya yang mencapai 23,1dk on the crank dengan kubikasi hanya 200cc atau 20dk(19,99dk)/10100rpm on the wheel, tentunya kata “WOW” akan semakin panjang. Teknologi SOHC 4 klep DTS-I (Digital Triple Spark-Ignition) serta dengan bobot isi yang hanya 145kg, semakin membuat orang menjadi ngiler untuk memilikinya. Tak heran banyak yang membanding-bandingkan dengan 2 motor sport 150cc 4 tak yang sedang heboh, bahkan dibandingkan sesaat dengan rival utamanya di kelas sport 200-225cc, Pulsar 200NS masih terlihat hebat.
Nah tim dari tabloid Otomotif telah mengadakan komparasi motor sport 200-225cc. Ada 4 motor yang dikomparasi, yaitu KTM Duke, Kawasaki Bajaj Pulsar 200NS, Honda Tiger dan Yamaha New Scorpio Z. Seharusnya ada satu lagi,yaitu Bajaj Pulsar 220F namun karena sudah tidak mempunyai unit lagi untuk dites maka hanya ada 4 motor yang dikomparasi. OM hanya akan mengambil data Pulsar 200NS, Honda Tiger dan Yamaha New Scorpio Z karena rentang harga masih berdekatan dan masih mengadopsi sistem SOHC. Yuk sekarang fokus ke pengukuran tenaga on the wheel melalui mesin Dyno. Pulsar 200NS mencatatkan tenaga yang paling besar,yaitu 19,99dk/10100rpm serta torsi maksimal 15,53Nm/8600rpm. Honda Tiger berhasil catatkan tenaga sebesar 15,39dk/7500rpm dan torsi maksimal 15,59Nm/6100rpm dan Yamaha New Scorpio Z mencatatkan tenaga sebesar 14,98dk/8200rpm dan torsi maksimal sebesar 15,43Nm/6600rpm. Kapasitas mesin paling besar tapi kok hasil yang didapat paling kecil ya?Ternyata oh ternyata, Si Kalajengking yang dites untuk pengukuran dyno sedang kurang sehat ,ditandai dengan adanya brebet diputaran menengah sehingga untuk pengukuran tenaga dengan mesin dyno, tes top speed serta konsumsi bbm kurang maksimal. Sementara untuk tes akselerasi menggunakan data yang sudah ada pada tes ride saat Si Kalajengking pertama kali keluar.
Oke lanjut ke tes akselerasi, jarak 100m Pulsar 200NS mencatatkan waktu tercepat dengan 6,9detik. New Scorpio Z 7 detik dan Tiger 7,1 detik. Masih tipis ya selisihnya?Jarak 402meter Pulsar 200NS dan New Scorpio Z mencatatkan hasil yang sama,yaitu diangka 17,3 detik. Sementara Tiger hanya mampu catatkan 18,2 detik. Sementara itu untuk menempuh kecepatan 60kpj dar keadaan diam, Pulsar 200NS dan New Scorpio Z lagi-lagi mencatatkan waktu yang sama, yaitu hanya 3,7 detik!Ediaan tenan. Tiger paling lambat dengan catatan waktu 4,3 detik. Untuk top speed, Pulsar 200NS paling tinggi dengan raihan 133kpj on speedo dan 129kpj on race logic. Cukup sedikit penyimpangannya. Tempat kedua diraih oleh Tiger dengan top speed 130kpj on speedo dan 119,2kpj on racelogic dan paling buntut ada New Scorpio Z dengan 125kpj on speedo dan 116kpj on racelogic. Sayangnya Si Kalajengking sedang kurang sehat , bila sehat 140kpj bisa digapai dengan mudahnya on speedo.
Kesimpulannya adalah Kawasaki Bajaj Pulsar 200NS yang tenaga dan torsinya paling besar bahkan bila New Scorpio Z sehat, Pulsar 200NS masih akan paling besar. Walaupun demikian untuk tes akselerasi jangan pernah meremehkan “sengatan” dari Kalajengking. Untuk Honda Tiger, sudah seharusnya mesin berbasis sejak era akhir 70an dari seri CB mulai ditinggalkan dan pasokan dengan mesin baru serta body baru. Keterangan lebih lengkap silakan cek keterangan dibawah ini.
source : tabloid otomotif
Memang si Tiggy nih sudah out of date mesinnya. Tapi herannya harganya masih yang tertinggi.....#@$%@%@???
ReplyDeleteBerdasarkan pemakaian karena pernah punya ketiga motor yg diatas
ReplyDeletetiger revo standart : mantap > new scorpio z standart : cupu gmana gt( kurang greget )
tiger full modif : ok lah < new scorpio z full modif : ganas + liar ( nnja rr hampir sejajar)
Bajaj Pulsar 220 2012 : irit,power mantap, murah, gak mungkin dirampok,( sayang sparepart sulit, jual murah, cepat rusak-rusakan, sparepart mudah haus ) baru dimodif naik karbu, pengapian, knalpot , 1bulan paking oli bocor smua, mesin banjir, jual deh. gk tahan panas. rangka dan stang sangat kuat.
Tiger Revo Asymetric 2009: sparepart mahal, harga mahal, jual tetep murah ( beli 25jt, jual taon 2009 jg 16 Jt) makin panas makin liar. tp rangka dan stang mudah bengkok.
New Scorpio Z 2013 : kelistrikan haram, harga dan sparepart murah, rem tromol, sedikit ambles, tp klo uda full dioprek pengapian CDI, klep, noken ass, per kopling kawahara,karbu sunworld 34mm, Pilot, main, dan power jet +++, bore up 275cc, pake yeis, dan modif supermoto tp pake ring 18, gear rasio ganti, Fork depan ganti upside down dan arm blakang yz 450f , ER6N jg bisa dikejar (tp knalpot mudah nembak dan berasep sedikit, baru juga pake 1thn uda berasep, tp kata ymki masih normal) makin panas makin loyo minta minum air es. rangka cukup kuat tetapi stang masih mudah bengkok, smpe skarang uda ganti 6x gra" modif trail ktm 250 ngiler coba stang byson, fatbar , stang jepit ninja, dll
sampe skarang sih dari ketiganya masi paling asik scropio, tp tiger cukup ok kok buat dipake.
Gw pke pio 09..
ReplyDeleteMnteb bgt...
Jambakannya kyk king
Puas hgt sma mesinnya
Mas @pio mesinya standar or udah oprek?
Delete