Uneg-Uneg Soal Motor Disini Tempatnya

29 May 2013

Yuk Kenali Lebih Dalam Bagian Motor Kita

| 29 May 2013
Selamat datang bagi para pemilik sepeda motor yang masih awam dengan bagian yang ada di sepeda motornya dan ingin mengenal lebih jauh. Ibarat kata "tak kenal maka tak sayang" bisa digunakan, tak kenal dengan part yang ada di sepeda motor maka bisa tidak sayang dengan sepeda motor dan tentunya dengan kondisi keuangan. Part yang perlu diketahui yang paling penting adalah part yang penggantiannya cepat alias fast moving seperti oli, busi, filter udara n dll. Silakan disimak dan mohon maaf apabila belum semuanya dan bisa request kok part mana yang mau dibahas ^_-

V-Belt
Fungsi : merupakan alat pemindah/transfer daya
Saran : Untuk keamanan berkendara,gantilah maksimal pemakaian 25000km'
Akibat : Tenaga mesin berkurang dan bila terlalu lama bisa putus

Filter Udara
Fungsi : Alat untuk menyaring kotoran/debu yang ada pada udara sebelum masuk ke ruang bakar sehingga udara yang masuk keruang bakar sudah bersih.
Saran : Ganti maksimal 15000km (tipe basah) dan 10000 (tipe kering)
Akibat : Tenaga berkurang dan dinding liner akan lebih cepat baret

Kampas Rem
Fungsi : Memperlambat laju kendaraan
Saran : Periksa setiap 3000km atau ketika servis rutin untuk mengetahui tingkat keausan. Bagian depan bila sering mendapat kerja yang keras (hard braking) ganti tiap 25000km. Bila normal ganti tiap 35000km. Untuk bagian belakang, bila sering hard braking ganti tiap 12000km,bila normal tiap 20000km.
Akibat : Pengereman kurang pakem, untuk tromol rem menjadi berdencit. Untuk cakram maka piringan cakram bisa terkikis.


Rantai
Fungsi : Alat untuk memindah daya dari transmisi ke gear belakang(roda belakang)
Saran : Periksa kekencangan dan jarak main bebas secara rutin dan ganti maksimal 10000km. Bila sudah kendur dan tak bisa distel lagi, untuk sementara dapat dilakukan pemotongan link rantai sebanyak 5 link. Lumasi rantai dengan pelumas rantai bila kering.
Akibat : Putaran roda jadi lebih berat. Suara mesin menjadi kasar. Terlalu kendor rantai bisa keluar dari gear.

Busi
Fungsi : Sebagai alat pemantik bunga api untuk membakar campuran bahan bakar dan udara di ruang bakar
Saran : Ganti setiap 5000km-7000km dan bersihkan tiap kali servis rutin berkala.
Akibat : Mesin susah hidup bila jarang dibersihkan dan motor mogok bila busi sudah mati.

Oli Mesin 
Fungsi : Melumasi dan melindungi part-part di dalam mesin
Saran : Ganti tiap 1500km bila ingin performa terjaga. Ganti tiap 2000km bila ingin normal. Ganti tiap 3000km bila mau hemat.
Akibat : Terlalu lama diganti maka kemampuan oli dalam melindungi dan melumasi akan berkurang. Jarang ganti oli bisa menyebabkan penumpukan geram atau kotoran.

Filter oli
Fungsi : Menyaring kotoran yang bercampur oli di dalam mesin.
Saran : Ganti tiap 9000km atau ganti bila sudah ganti oli sebanyak 3x untuk tipe kertas. Bersihkan tiap 9000km atau setelah 3x ganti oli mesin dibersihkan. Ganti bila sudah rusak untuk tipe kawat.
Akibat : Bila terlalu lama diganti/dibersihkan maka kotoran akan menumpuk dan ada kemungkinan menyumbat pompa oli sehingga peredaran oli menjadi kurang baik.

Cairan Radiator
Fungsi : Membantu menjaga mesin di suhu ideal
Saran : Kuras dan ganti air radiator tiap 9000km-10000km
Akibat : Kemampuan cairan radiator untuk menjaga suhu mesin dikisaran ideal menurun sehingga mesin cepat panas dan performa berkurang.




sumber:sakamotor

Related Posts

No comments:

Post a Comment