Uneg-Uneg Soal Motor Disini Tempatnya

31 May 2013

Modal Seribu Rupiah Bisa Bebas dari Oli

| 31 May 2013
Gear dan rantai roda merupakan bagian dari part sepeda motor yang berfungsi mentransfer tenaga dari transmisi ke roda belakang. Gear depan bergerak menarik roda belakang di mana gear depan menggerakan rantai yang terhubung dengan gear belakang dan roda belakang pun ikut bergerak. Agar gear dan rantai tidak mudah aus, tidak cepat karatan dan agar awet maka perlu dberi pelumas khusus oli. Jangan pakai oli bekas karena mudah berkarat, pakailah pelumas khusus rantai karena dari pengalaman OM, pakai oli bekas maupun baru mudah terserang karat. Memakai pelumas khusus gear dan rantai pun bukan tanpa masalah. 

Lama kelamaan pelumas menumpuk dan menjadikan rantai khususnya gear menjadi hitam. Umur satu tahun saja bila sering dipakai maka kondisinya sudah cukup parah, maka ada baiknya tiap 1 tahun sekali gear dan rantai roda dibersihkan dari sisa pelumas agar tampilan motor menjadi cantik kembali seperti baru. Namun bagaimana caranya?Ada dua cara, yang pertama bisa dengan menggunakan bahan bakar minyak seperti premium atau minyak tanah. Sisa pelumas jadi lebih mudah dibersihkan namun setelah bersih dari sisa pelumas, perlu dibersihkan dari minyak tanah atau premium. Jadi dua kali kerja deh,belum lagi bbm yang terpakai lebih baik untuk berkendara saja. Cara yang kedua dan menurut OM paling baik adalah dengan menggunakan sabun krim atau lebih familiar disebut sabun colek.

Maaf nih ya OM bukannya mau promosi tapi hanya sekedar share saja, jadi kalau ada mas bro mba sist yang mau bersihkan tapi bingung mau pakai apa, OM rekomend pakai sabun colek seperti yang ada di foto. Karena sudah dilengkapi dengan "Oil Removing" sehingga tentunya pas untuk menghilangkan noda seperti oli. Berbekal sabun colek, sikat gigi bekas dan tentunya air, gear dan rantai yang tadinya dekil and the kumel belepotan oli, kini bersih kembali layaknya sepeda motor baru. Harganya di tempat OM hanya seribu rupiah, tak tau kalau di daerah lain. Sabunnya tak sampai habis untuk membersihkannya,padahal yang OM pakai sabun colek yang ukuran kecil. Lebih praktis mas bro mba sist karena tak perlu belepotan minyak terlebih dahulu tapi langsung dicuci dengan sabun.Jangan lupa setelah dibersihkan beri pelumas lagi.



Related Posts

No comments:

Post a Comment