Monday, November 5, 2012

Konsumsi BBM New BeAT vs Mio J vs Nex, Masih Irit New BeAT Tapi....

Matik kelas 110cc-115cc merupakan matik entry level di mana ada 3 pabrikan Jepang yang ada di"kolam" ini. Diantaranya ada Yamaha Mio J yang pertama diperkenalkan, kemudian ada Suzuki Nex dan disusul oleh Honda New BeAT.Konsumsi BBM dari ketiganya sering kali dipertanyakan dan untungnya sudah ada media yang menguji konsumsi BBMnya, yaitu tabloid otomotif. Pengetesan dengan metode full to full dimana tangki diisi full oleh BBM dan kemudian diajak jalan sesuai dengan keadaan sehari-hari(tidak seperti lomba irit) dan kemudian tangki diisi kembali hingga full lagi.
Yamaha Mio J mengusung sistem injeksi yang dinamakan YMJET_FI yang mempunyai throttle body dengan 2 katup kupu-kupu dan mempunyai injektor yang menghasilkan semprotan sehalus asap. Hasil yang didapat ada diangka 41km/Liter.Suzuki Nex mempunyai bobot yang paling ringan diantara matik entry level dan sistem injeksinya mempunyai 7 sensor. Hasil yang didapat lebih tinggi dari Mio J, yaitu 41,3km/Liter.Yang terakhir ada Honda New BeAT dengan sistem injeksinya yang sudah memasuki step 4, mirip dengan Spacy FI tapi sensornya tidak selengkap Spacy FI.Hasil yang didapat merupakan paling tinggi, yaitu mampu menembus 42,7km/Liter. Jadi yang paling irit adalah Sang pendatang baru, yaitu Honda New BeAT.

Tapi tunggu dulu, mari kita coba perhatikan lagi hasil konsumsi ketiganya. New BeAT 42,7km/Liter, Nex FI 41,3km/LIter dan Mio J 41km/Liter, selisihnya tidak begitu jauh, yaitu ada diantara 0,3km/liter - 1,7km/liter.Jika melihat keadaan demikian maka sepertinya benar kata Deddy Mizwar, konsumsi BBM 4tak itu bedanya hanya sesendok alias sebelas duabelas. Dan yang uniknya lagi ini seperti mengulang masa-masa mereka ketika masih mengusung sistem pengabutan bbm karburator. 

Ambil contoh saat tes konsumsi BBM yang juga dilakukan oleh Otomotif pada Honda Scoopy dengan Yamaha Mio Fino. Scoopy berhasil mendapatkan 33km/liter, sementara Mio Fino hanya mampu 32km/liter. Mesin Scoopy = mesin BeAT dan mesin Mio Fino = mesin Mio karbu.Ambil contoh lagi tes konsumsi BBM yang dilakukan oleh blogger pada Mio karbu dan BeAT dengan gaya berkendara yang sama, jenis BBM yang sama, jalanan yang sama. Mio karbu hanya mampu mendapatkan angka 45km/liter, BeAT mampu tembus 47km/liter. Selisihnya juga hanya sedikit kan?Jadi BeAT baik yang karbu maupun injeksi memang paling irit tapi selisihnya hanya sedikit.

2 comments:

Anonymous said...

berarti tetep irit mio donk dengan selisih sangat sedikit, apalagi CC besar mio...coba kalo sama sudah jelas irit mio..betul...

ariefin satriaji audi wijaya said...

Suzuki Address

Post a Comment