Uneg-Uneg Soal Motor Disini Tempatnya

06 November 2012

Honda CB150R Streetfire, Lawan Kuat New V-ixion Telah Hadir!

| 06 November 2012
Rumor tentang motor sport Honda dengan kubikasi 150cc dengan rangka "teralis". Mendatangi booth Honda yang letaknya paling jauh dari pintu masuk, awalnya ada 3 buah motor yang masih ditutupi oleh kain hitam. Wah kemungkinan ini adalah motorsport terbaru AHM yang menggandeng mesin CBR150R dan akhirnya kain hitam tersebut terbuka ketika resmi diperkenalkan pada publik. Sepintas melihat mulai dari depan terlihat kompak, headlamp sekilas mirip Byson namun diperhatikan lebih lanjut lebih mirip headlamp New Mega Pro dengan dimensi yang diperkecil. 
Puas melihat dari depan lanjut ke samping karena penasaran sekali dengan rangka "teralis"nya, cukup keren melihatnya dan terlihat padat karena rangka yang bisa menutupi celah serta besarnya mesin atas DOHC. Lanjut ke atas ke arah tangki, OM merasakan pernah melihat shroud ini tapi di mana ya?Yasudah OM buat PR saja dulu dan melihat sekilas tangki masih ada tonjolannya, agak mengganggu tampilan yang sudah dinamis.Beralih ke belakang aura dejavu OM semakin mengental,body belakang, behel dan footstep belakang mengingatkan OM pada motor sport apa gitu tapi setelah OM melihat kembali footstep belakangnya, OM ingat bahwa dilihat sekilas Honda CB150R ini mengambil bagian dari Yamaha V-ixion gen 1.

Mulai dari shroud, body belakang, behel dan yang paling jelas adalah footstep belakang, hanya beda lekukan sedikit saja.Rearlamp dan spakbor mencomot dari New Mega Pro dengan dipermanis lagi.Nah tadi kan baru lihat sekilas saja, lihat sekali lagi yang lebih detail dari depan. Headlampnya memang serasi dengan desain motor dan yang jelas punya konsep yang kuat. Speedometer kombinasi analog dengan digital dimana takometernya analog dengan warna putih sebagai background dan indikator kecepatan digital plus ada jamnya.Warna putih pada takometer memang jadi lebih jelas dilihat dikala malam tapi ada kesan jadul disana.Radiator sekilas lebih panjang dari rival utamanya tapi memang perlu diukur lebih lanjut. 

Masuki kaki depan OM agak kaget karena ukuran shock depan agak kecil. Begitu juga ukuran ban depan yang hanya 80/90x17 dengan ukuran velg 1.85x17. Looh...looh...kok mirip dengan ukuran rival utama gen 1 ya?Kembangan bannya juga terlihat seperti ban IRC yang punya range harga di low end...wah ada yang harus dikorbankan nih demi mesin DOHC?Masuki daerah mesin ada engine cover minimalis dan lihat lebih detail lagi rangka "teralis"nya. Dimensinya sesuai dengan bentuk body, besarnya mesin atas DOHC membuatnya lebih padat dan menjanjikan performa yang dahsyat tapi terlihat selang dan kabel semrawut alias tidak rapi tapi tidak masalah kan?Yang penting kan DOHC 6 speed gitu looh.Ditambah lagi dengan adanya rear disk brake, pengereman jadi lebih mumpuni.

Bentuk knalpot mirip CBR150R tapi dengan dimensi yang disesuaikan lagi dan ternyata memang benar, aura rival utamanya ada disini. Footstep belakang serta body belakangnya memang mirip, terutama behel minimalisnya. Strategi "membenturkan" dipakai lagi oleh AHM karena strategi tersebut telah sukses mereka terapkan. OM akan coba bandingkan nanti desain rival utama gen 1 dengan CB150R. Lanjut ke kaki belakang, monoshocknya sudah dilengkapi prolink,lebih mantab bro dengan swing arm yang juga kekar tapi lagi-lagi OM agak heran kenapa ukuran bannya kecil ya?Terlihat hanya 100/80x17 dengan ukuran velg 2.15x17. Benar-benar deh AHM memang membenturkan tapi dengan menambah value yang sangat diinginkan konsumen Indonesia. So, Honda CB150R menjanjikan value yang sangat diinginkan konsumen Indonesia walaupun aura rival utama tak dapat dipungkiri ada disana. Tinggal menunggu rilis harga resminya dan meluncurlah.


Related Posts

No comments:

Post a Comment