Uneg-Uneg Soal Motor Disini Tempatnya

12 June 2024

Yamaha New Nmax TURBO - Torque Booster?

| 12 June 2024

Assalamualaikum, Mas Bro Mba Sist. Setelah lama dinantikan mulai dari tahun lalu yang mana membuat OM akhirnya meminang All New Nmax 155 Connected Non ABS karena sangat dibutuhkan untuk mudik pada lebaran 2024. Nah Yamaha melalui kanal Instagram resminya mengeluarkan teaser TURBO. Motor apakah ini?

Sempat terpikirkan bahwa ini produk benar-benar baru yang mana tugasnya untuk menghadang BeAT yang baru saja launching. Namun semua sirna ketika Yamaha mengeluarkan teaser berikutnya yang mengandung kata MAX pada kata Semakin. Dengan demikian sudah jelas bahwa yang akan dilaunching bukanlah produk yang benar-benar baru dan bukanlah untuk menghadang BeAT. Jadi produk apa yang akan dilaunching Yamaha pada tanggal 12 Juni 2024?

Semakin mengerucut ke segmentasi MAXi di jajaran produk Yamaha, maka kita breakdown satu per satu. Nmax mendapatkan penyegaran terakhir pada tanggal 3 Desember 2019 di mana ada update pada exterior maupun penambahan fitur seperti Yamaha Motorcycle Connected dan lain-lain. Beralih ke Aerox 155 yang terakhir kali mendapatkan penyegaran pada tanggal 2 November 2020 di mana kini desainnya tetap Sporty namun kini lebih proposional dan lebih enak dilihatnya. 

Kemudian Xmax terakhir kali mendapatkan penyegaran pada tanggal 2 November 2022 dengan membawa perubahan pada exterior dan penambahan fitur seperti Yamaha Motorcycle Connected, GPS Garmin dan lain-lain. Dan yang terakhir mendapatkan penyegaran setelah bertahun tahun lamanya tidak mendapatkan update adalah Lexi pada tanggal 12 Januari 2024 di mana mendapatkan update exterior dan juga ditanam mesin baru dari yang tadinya hanya 125cc menjadi 155cc seperti punya Nmax tapi dengan generasi terbaru.

Last Update

Nmax - 19 Desember 2019

Aerox - 2 November 2020                                                                            

Xmax - 2 November 2022

Lexi - 12 Januari 2024


Bila melihat pada tanggal di atas maka ada dua produk MAXi yang terindikasi akan mendapatkan penyegaran, yaitu Nmax dan Aerox. Bila Yamaha menerapkan FIFU (First In First Update) maka kemungkinan tertingginya adalah Nmax karena terakhir kali update di 5 tahun yang lalu dan siklus update biasanya akan di antara 4-5 tahun kemudian. Mau Nmax ataupun Aerox yang mendapatkan update, marketing kata TURBO ini membuat penasaran terhadap update yang akan dibawa. Kata TURBO disini bukan berarti merujuk ke piranti penambah tenaga secara instan berbentuk seperti Keong ya karena tentu bila hal tersebut benar-benar diimplementasikan pada produk, akan menambah biaya sehingga harga jual menjadi tidak kompetitif.


Mungkin bisa saja TURBO itu merupakan singkatan dari Torque Booster sehingga jadi terpikirkan piranti apa yang dapat memberikan torsi secara instan? Terbayang sudah sistem Hybrid seperti pada Fazzio dan Grand FIlano yang mendapatkan torsi tambahan selama beberapa detik. Nah hal tersebut sepertinya akan diimplementasikan pada Nmax ini. Namun apakah akan signifikan memberikan performa? Atau hanya seperti pada Fazzio dan Filano? Perkiraan akan lebih besar dari Fazzio dan Grand Filano namun besarannya setidaknya akan seperti pada PCX Hybrid di mana bisa mamberikan tambahan tenaga sebesar 1,8 hp dan torsi maksimal 4,3 Nm selama 3 detik. Lalu apakah hanya ada pada varian tertinggi? Kemungkinan besar akan seperti itu, jadi hanya ada pada varian tertinggi untuk meningkatkan value dan mungkin saja untuk memenangkan hasil komparasi.

Nah untuk varian lainnya akan memakai mesin yang sama dengan yang ada di Lexi 155, yaitu Gen 3 di mana ada beberapa update seperti pada keteng yang adopsi hidrolis yang membuat suara mesin jadi lebih halus. Terakhir untuk perkiraan harga hanya ada berbeda sedikit masih seperti saat ini di kisaran Rp 32 jutaan - 36 jutaan otr Jakarta dan sekitarnya. Sementara untuk varian TURBO ada di sekitar Rp 38 jutaan - Rp 39 jutaan untuk otr Jakarta dan sekitarnya.

Apakah analisa di atas akan sesuai? Atau ada yang meleset? Semua akan terjawab pada hari ini, 12 Juni 2024 di event PRJ

Related Posts

No comments:

Post a Comment