Assalamualaikum, Mas bro Mba sist. Agar cairan radiator
dalam radiator tidak tumpah, dan menjaga kevakuman agar cairan radiator semakin
bagus bergeraknya, maka dibutuhkanlah penutup. Nah....
Jumeko yang sudah berusia
8 tahun dengan jam terbang mencapai 110.000 km. Ditambah lagi harus mampu
melayani permintaan Sang Empunya yang doyan banget memacu pada kecepatan
tinggi, membuat suhu cairan radiator di atas normal. Salah satu efeknya membuat
karet pada tutupnya sudah melar. Dan entah berefek juga pada cairan pada tabung
resevoir yang cepat habis atau tidak. Karena itu, niatlah untuk membeli tutup
radiator yang baru. Tapi.....cek harga originalnya kok mehong ya. Terus aku
kudu piye?
Coba
bertanya kepada Mbah Google dan mendapatkan informasi bahwa bisa memakai punya
Honda Vario series. Weleh....weleh....beneran nih? Melihat kode yang ada pada
tutup radiatornya sih memang sama yang berarti memungkinkan untuk bisa
subtitusi. Harganya pun juga begitu cocok dengan kantong, bisa hemat lebih dari
50% cooooiiii! Harga HET tutup radiator original atau yang punya nama keren
Conduction Assy, dihargai Rp 163.000. Sementara di situs jual beli online,
tutup radiator Honda Vario series original hanya dikenakan Rp 50.000.
NANNNNIIIIIII!!!
Daripada tak
ada pergerakkan sama sekali, akhirnya beranikan ambil resiko untuk membeli
tutup radiator Honda vario Series. Bila PnP maka untung, bila tidak sama sekali
berarti buntung. Skip....skip skip...akhirnya tutup radiatornya sampai dan
langsung bandingkan dengan tutup radiator original Jupiter MX. Secara dimensi
dan bentuk, hampir sama persis Mas bro Mba sist. Nanti akan kita kupas lebih
dalam lagi pada artikel yang terpisah ya. Jadi, seeharusnya sih bisa langsung
pasang nih, ya suteralah coba pasang daaaannnn.....alhamdulillah bisa terpasang
dengan sempurna.
Sering
diajak "bermain" pada putaran tinggi yang membuat suhu mesin naik
sehingga cairan radiator pun suhunya ikutan naik, ditambah sehari bisa tempuh
80km dan sekarang setelah berumur 8 tahun di kilometer 113000 baru diganti.
Apalagi pernah kipas radiatornya mati sehingga tingkat panasnya jadi meningkat.
Karet pada tutup radiatornya sudah melar sekali Mas bro Mba sist. Bisa dilihat
pada gambar di atas ya. Entah ini ada hubungannya dengan sering habisnya cairan
radiator atau tidak, kita pantau saja dahulu.
So, buat Mas
bro Mba sist yang ingin ganti tutup radiator Jupiter MX 135LC nya, silakan
pakai punya Honda Vario Series. Lebih bersahabat dengan Si Dompet.
No comments:
Post a Comment