Sebagian besar rider kemungkinan besar masih meragukan
kemampuan oli diesel bila digunakan di mesin sepeda motor. OM pun dibilang ragu
juga tidak tapi lebih ke waspada sebelum akhirnya yakin memakai oli diesel di
Jumeko maupun Denok. Kali ini akan OM sertakan bukti bahwa oli diesel mampu
melumasi dan melindungi bagian part dalam mesin.
Oli Pertamina Meditran SX (MSX) dipercaya untuk tugas
melumasi dan melindungi bagian dalam mesin Jumeko. Pertama kali pakai pada
tanggal 06 Juni 2015 dengan odometer mulainya 69340km. Pengecekan kembali di
79479,7km atau pada tanggal 30 Desember 2015. Itu artinya sudah 10000an km oli
MSX bertugas.
Silakan lihat pistonnya, dibagian belakang piston saja tak
ada bekas kecoklatan yang merupakan tanda oli tak bisa melindungi dengan baik.
Kalau untuk dpinggiran kepala piston memang ada kecoklatan tapi menurut OM itu
bukan karena olinya tapi lebih ke kemampuan ring piston yang sudah melemah.
Asap putih pun sudah keluar menunjukkan jati diri dari lubang silincer knalpot.
Memang sih OM hanya melihatkan pistonnya saja, bukan OM tak
mau memperlihatkan bagian yang lain tapi itu lebih karena kebetulan Jumeko
sudah musti kudu oversize lantaran asap putih sudah nongol. Jadi yang dibuka
hanya mesin bagian atas saja.
No comments:
Post a Comment