Seolah terusik dengan semakin membaiknya performa dari bebek super Yamaha, ditambah dengan adanya musuh utama baru dari Honda. Suzuki memberikan beberapa senjata baru untuk “buah hati”nya agar mampu bersaing di kancah bebek super. Yuk mari kita bandingkan spesifikasi MX King Vs New Sonic 150 Vs Satria F150.
Perbandingan kali ini lebih mengarah ke mesin atau bisa dibilang yang berhubungan dengan performa.
Tipe Mesin
Yamaha merupakan satu-satunya pemain di bebek super yang masih betah dengan mesin yang sudah dari tahun 2007 beredar di Indonesia, mesin dari Minarelli 150cc 4tak dengan sistem SOHC 4 klep. Sementara itu New Sonic 150 dan Satria F150 FI sudah mengusung mesin DOHC 4 klep.
Kapasitas Mesin
Semuanya berkapasitas mesin 150cc. Tapi tentunya dari perkalian yang berbeda. Diameter dan langkah piston lah yang menjadi sebabnya.
MX King = 57mm x 58,7mm = 149,7cc
New Sonic 150 = 57,3mm x 57,8mm = 149,16cc
Satria F150 Fi = 62mm x 48,8mm = 147,22cc
Ukuran Throttle Body
Cukup mencengangkan perubahan yang terjadi pada Suzuki Satria F150 FI. Bila sebelumnya paling bontot (versi lawas 26mm), kini paling superior.
MX King = 28mm
New Sonic 150 = 30mm
Satria F150 FI = 32mm
Ukuran Klep
Kembali, Satria F150 FI tampil superior. Padahal versi lawasnya sendiri juga tidak terlalu jelek karena berani usung ukuran 21mm/19mm.
MX King 150 = 19,5mm / 17mm
New Sonic = 21mm / 19mm
Satria F150 FI = 24mm / 21mm (perkiraan karena dari pihak Suzuki bilang paling besar)
Perbandingan Kompresi
MX King 150 = 10,4:1
New Sonic 150 = 11,3:1
Satria F150 FI = 11,5:1
Terlihat bahwa MX King merupakan bebek super dengan perbandingan kompresi yang paling rendah. Ini berarti lebih bisa mentolerir “minuman” jenis Premium. Dongkrak kompresi jadi setara sama yang lain, berpotensi tenaga ningkat nih.
Tenaga Maksimal
Ini dia nih yang ditunggu-tunggu. Suzuki benar-benar tidak mau tanggung-tanggung. Fokus pada performa, makanya tidak heran bila dari segi speknya lebih tinggi dari bebek super lainnya. Terbukti di atas kertas tenaga maksimalnya bisa lebih tinggi sampai 3dk!
MX King 150 = 11,3 kW (15,37 PS) (15,14 dk)@ 8500rpm
New Sonic 150 = 11,5 kW (15,64 PS) (15,41 dk)@8000rpm
Satria F150 FI = 13,6 kW (18,49 PS ) (18,22 dk)@10000rpm
Torsi Maksimal
Sungguh mencengangkan melihat klaim torsi maksimalnya bro. Bagaimana tidak? Torsi maksimalnya setara dengan MX King 150 yang notabenenya punya langkah piston paling panjang. Entah apa karena MX Kingnya punya kompresi yang rendah atau Suzuki yang menemukan racikan agar bisa bejaban dengan motor long stroke.
MX King 150 = 13,8 Nm (1,41 kgf,m) @7000rpm
New Sonic 150 = 13,5 Nm (1,38 kgf,m) @ 6500rpm
Satria F150 FI = 13,8 Nm (1,41 kgf,m) @8500rpm
Sebagai yang datang terakhir dalam kancah injeksi, tentunya Suzuki kudu memberikan sesuatu yang bisa membuat orang bilang "WAH". Jika tidak maka bisa kehilangan imagenya sebagai motor yang punya performa dahsyat.
No comments:
Post a Comment