Uneg-Uneg Soal Motor Disini Tempatnya

14 November 2015

Penyebab Oli Mesin Tidak Naik Ke Kepala Silinder ( Silinder Head)

| 14 November 2015


Ada seorang anak yang bertanya kepada ayahnya, eh bukan itu maksudnya. Ada seorang kawan yang menanyakan apa penyebab oli mesin tidak ditemukan pada kepala silinder (blok silinder head). Maksudnya oli mesin tak naik ke kepala silinder guna melumasi noken as beserta "antek2"nya. Apa penyebab oli mesin tidak naik ke kepala silinder? 

Ada beberapa sebabnya Mas bro Mba sist. 

1. Pompa Oli Sudah Mulai "Cape"
Tak dapat dipungkiri bahwa untuk menyalurkan oli mesin ke kepala silinder diperlukan suatu pompa yang gunanya untuk mendorong oli mesin ke kepala silinder. Ibarat kata mah seperti pompa air yang nyedot air dari dalam tanah menuju permukaan agar kita bisa menikmati nikmat yang Tuhan yang Maha Esa berikan kepada kita. Jika sudah mulai cape bin lemah, tentunya itu pompa tak kuat lagi mendorong oli ke kepala silinder. 

2. Ada Kotoran yang Menyumbat Jalur Oli
Kotoran dalam hal ini tentu bukan yang berhubung dengan sisa-sisa penyerapan makanan dalam lambung maupun usus ya. Melainkan hasil geram ataupun paking yang tergerus dan bahkan bisa saja paking itu sendiri yang menghalangi oli agar oli bisa naik ke kepala silinder. Biasanya sih gegara masang pakingnya kurang pas atau tidak memperhatikan adanya jalur oli. 

3. Oli Mesin Terlalu Kental
Nah biasanya ini terjadi pada motor terbaru generasi sekarang ini nih. Kepresisian mesin sudah sangat tinggi sehingga celah sudah sangat sempit sekali. Kalah kali gadis perawan. Pabrikan pun juga sudah mewanti agar pakai oli mesin yang encer biar selap selipnya enak (awas jangan ngeres). Pemakaian oli yang kental tentu saja bisa menghambat menuju ke kepala silinder. Jalur oli sempit tapi malah dikasih oli kental. 


Itulah beberapa penyebab oli mesin tak naik ke kepala silinder atau blok silinder head. Semoga membantu ^_-

Related Posts

No comments:

Post a Comment