Uneg-Uneg Soal Motor Disini Tempatnya

08 May 2014

Komparasi Best Time Sentul Yamaha R15 Vs Honda CBR150R

| 08 May 2014

Persaingan sport 150cc 4tak semakin memanas mas bro mba sist. Apalagi setelah Yamaha resmi melaunching lightsport 150cc 4tak andalan mereka. Dunia roda dua baik alam maya maupun nyata hangat membicarakannya, apalagi bila bahas performa. Kita komparasikan saja siapa yang tercepat, tim motorplus juga sudah mengetesnya di Sirkuit Internasional Sentul. Siapakah yang paling cepat di lintasan?

Motor yang dites adalah Yamaha R15 dan Honda CBR150R yang masih standar ting tong. Masing-masing motor akan melahap 4 lap dan akan diambil best time terbaik. Joki yang mengetesnya adalah Dellu Agung. Bagi yang belum tahu, Dellu Agung ini adalah seorang pembalap pro dari tim Anjany Racing Team. Prestasi do’i adalah jawara umum superbike IRS dan kelas ninja tahun 2013. Speknya adalah 176cm dengan 63kg, oke....lanjut ke hasilnya.

Pertama-tama yang melahap 4 lap adalah Yamaha R15. Impresi yang Dellu rasakan adalah kelincahan dalam menikung. “Posisi stangnya sudah sedikit ke bawah, enak buat diajak riding disirkuit. Saat menikung juga terasa enteng, gampang dikontrol buat keluar masuk tikungannya”. sebut Dellu. Best time yang berhasil diraih oleh Dellu adalah 2 menit 17,86 detik.

Selanjutnya adalah Honda CBR150R. Impresi yang Dellu rasakan adalah pencapaian top speed tinggi. “Tarikan bawahnya kalah cepat dibanding R15. Meski top speed lebih tinggi tapi jarak untuk mencapainya lebih jauh dibanding R15 yang cepat diputaran bawah.” Tambah Dellu. Best time yang berhasil diraih Dellu adalah 2 menit 18,34 detik.

Kesimpulannya adalah motor yang berperforma lebih tinggi belum tentu bisa lebih cepat di lintasan sirkuit. Terbukti dengan Yamaha R15 mampu mencatatkan best time lebih cepat hingga 0,48 detik dibandingkan Honda CBR150R. Bila terus konsisten, maka dalam 20 lap akan mampu meninggalkan hingga 9,6 detik. Sudah cukup aman. 

Related Posts

No comments:

Post a Comment