Supra X 125 yang dimaksud adalah yang versi ramping alias masih karburator. Rajanya bebek ini sudah mempunyai modal yang bagus untuk mendapatkan konsumsi bbm yang efisien. Tak heran banyak yang mengandalkannya karena desainnya yang elegan dengan sedikit sporty plus konsumsi bbmnya yang terkenal irit. Nah mau konsumsi bbmnya semakin irit? OM berikan panduan pindah gigi econo riding untuk Honda Supra X 125 (HSX 125).
OM sudah singgung bahwa HSX 125 sudah mempunyai modal yang bagus, itu karena peak power (tenaga maksimal) dan peak torsi berada pada putaran yang rendah. Klaim pabrikan adalah tenaga sebesar 9,3 PS / 7.500 rpm dan torsi sebesar 1,03 kgf.m / 4000 rpm.
Enaknya adalah tidak perlu pelintir gas dalam untuk mendapatkan tenaga dan torsi puncak. Imbasnya konsumsi bbm bisa ditekan dan ujung-ujungnya dompet masih tebal. OM akan bagi dua panduan pindah giginya, untuk yang membawa bobot sebesar 60kg dan 60kg ke atas.
Ini dia panduan pindah gigi untuk bobot maksimal 60kg
Gigi 1 sampai kecepatan 25kpj (kilometer per jam)
Gigi 2 sampai 40kpj
Gigi 3 sampai 55kpj dan gigi 4 langsam di kecepatan 60kpj dan maks di 75kpj
Untuk yang bobot 60kg ke atas
Gigi 1 sampai kecepatan 30kpj
Gigi 2 sampai 50kpj
Gigi 3 sampai 60kpj dan 4 langsam di kecepatan 65kpj dan maks di 80kpj
sayangnya klo udah ketemu jalan kosong dan lurus
ReplyDeleteane geber sampe 130
kebetulan ane awalnya make kharisma 125D (+/- 10thn) kemudian lanjut ke supra x 125.
selain irit tenaganya lumayan besar.
khusus supra 125 desainnya bikin kita lebih gesit untuk akselerasi di tikungan
sedikit tips yang ingin maksimalkan mesin SM ini karena kebelet boker
G1 30kpj
G2 45kpj
G3 80kpj
G4 80 kpj up dan rasakan tarikannya
ga ada setingan khusus,hanya feel yang ane rasakan karena saking lamanya make SM type ini.
Malah ane pernah G3-90kpj gara2 saking semangatnya ngejar maling akhirnya lupa naikin persneling ke G4