Uneg-Uneg Soal Motor Disini Tempatnya

01 May 2013

Blok Set V-ixion Paling Pas untuk Kohar Jupiter Mx

| 01 May 2013

Cukup banyak pemilik Jupiter MX baik lawas maupun baru adalah penikmat performa. Jupiter Mx yang aslinya sudah kencang terutama diakselerasinya, seolah tak membuat pemiliknya puas begitu saja. OM juga merasa seperti itu, torsi badaknya mampu membuat ban depan terangkat tiap kali perpindahan gigi bahkan hingga gigi ke tiga masih terasa. Salah satu cara untuk menambah performa dari Jupiter MX adalah memperbesar kapasitas mesin dengan teknik bore up. 

Cara ini cukup sering digunakan karena banyak part aftermarketnya. Nah untuk yang mau kohar, paling aman dan paling baik daya tahannya adalah bore up dengan memakai part dari V-ixion seperti blok silinder, seher beserta ringnya dan juga paking head+silinder. Pen piston bisa pakai punya Jupiter Mx dan kapasitas mesin menjadi 150cc. Kisaran harganya 750rb-800rb, tergantung Beresnya (Bengkel Resmi) tapi kalau lebih dari 800rb, mending cari Beres Yamaha yang lain. Sedikit tips, saat mau masang blok silinder vixion ke mx, pantat liner (boring yang tak tertutup blok silinder) vixion dipapas saja. 

Cukup papas pada diameter luarnya agar masuk ke crankcase mx, gampangnya diameter luar pantat liner V-ixion disesuaikan dengan diameter luar pantat liner Jupiter Mx, biayanya 50rb. Kenapa sih bore up pakai paketan V-ixion lebih baik?Kan hanya 150cc alias naik 15cc saja.Itu karena sama-sama ada DiAsil Cylinder, Forged Piston dan ring seher yang punya teknologi Diamond like carbon. Terbukti sudah 2 tahun dan 20000km OM geber pol2an,alhamdulillah belum ada masalah dan belum ada asap putih keluar dari knalpot. Selain itu akan percuma bore up besar-besaran tapi part pendukungnya tak juga diupgrade, tenaga tak akan keluar dengan optimal. Oleh karena itu, part pendukung juga harus kena upgrade.



Nah part pendukungnya biar makin gahar.
1. Noken as minimal punya Vixion, harga 153rb. atau bisa juga pakai noken as aftermarket macam LHK, CLD, Kawahara tapi ada baiknya per klep juga diganti dan cek apakah klep mentok sama kepala seher ga. noken as + per klep kisaran 400rb+500rb.

2. CDI racing, bisa BRT, Rextor atau Varro. kisaran 350rb-1 juta.ini untuk memperpanjang nafas sehingga raihan top speed juga bisa lebih tinggi.

3. Knalpot minimal free flow alias bobok. kalo bisa ya beli knalpot racing atau custom. kisaran harga 350rb - 1 jutaan.tergantung merek dan tipe.

4, Jika memungkinkan, karbu dan klep juga diperbesar. karbu bisa pakai ukuran 28mm beserta intake dan klep, kalo mau awet dan flownya bagus, mesen super head dari BRT aja tapi harganya 3 juta. oh iya harga karbu pe28 beserta pj mj dan intake 800rb - 900rb. oh iya kabel gasnya custom aja, kisaran 25rb.

5. Koil karisma dan busi NGK platinum, buat bakar asupan BBM+udara yang makin banyak. oh iya yang ini kalo ente udah ganti klep ya. 150rb.


Related Posts

6 comments:

  1. permisi om
    klo hny borap ja gmn

    ReplyDelete
  2. permisi om
    klo hny borap ja gmn

    ReplyDelete
  3. broo, mx gue dh pke block + seher vixion
    nah yg gue bingungin noken as vixion gue pasang di mx gue, ko mentok seher yaaaa, liat di web2 kata nya tgl PNP doang, tp apah ? mentok seher gtuh
    jdi nganggur tuh noken as vixion nya :(

    ReplyDelete
  4. @anony
    kalo hanya borap aja bisa tapi kurang keluar potensi performanya

    @hady
    dicoak klep yang ada di seher vixion di perdalam lagi bro
    kalo masih mentok juga maka pakai paking silinder dua kali lipat tebelnya, usahakan piston lebih mendem 2mm dari bibir TMA blok silinder

    ReplyDelete
  5. Gan mw nanya donk...
    Ane Dnger gosip mx klo udah di boreup pasti ntr kena stang seher nya itu bnr gk sih gan...?

    Tolong penjelasan nya ya gan... trimmsss

    ReplyDelete
  6. dongtam
    mu moi ra hom nay
    tim phong tro
    http://nhatroso.com/
    nhac san cuc manh
    tổng đài tư vấn luật
    văn phòng luật hà nội
    tổng đài tư vấn luật
    thành lập công ty trọn gói
    http://we-cooking.com/
    chém gió
    trung tâm tiếng anhnháy mắt thôn phệ cầu vồng vừa mới ngưng kết thành hình.

    -Là khí tức của thập cấp thần thú.

    Cách Lạp Tây Tư hoảng sợ nhìn Diệp Âm Trúc.

    Bạch quang vờn quanh cổ cầm vừa xuất hiện từ thinh không trước mặt Diệp Âm Trúc. Cổ cầm hình dạng cổ lão, thân cầm màu vàng lợt thâm thúy thần bí không cách nào nhìn thấu, một vầng sáng trắng không ngừng bay ra từ cổ cầm, tựa hồ có một linh hồn bị phong ấn đang không ngừng rên rỉ. Bảy sợi dây trên thân cầm lóe lên bảy loại ánh sáng bất đồng màu sắc, tựa như bảy sắc cầu vồng mờ mờ tỏ tỏ. Cầu vồng nguyên tố ngưng tụ như suối chảy không ngừng trút vào cổ cầm.Trong phút chốc, ma pháp nguyên tố tràn ngập cổ cầm.

    Cổ cầm phiêu phù bất định trước mặt Diệp Âm Trúc, nối với hắn mởi một quang mang màu trắng, phảng phất như là một bộ phận của thân thể hắn.

    Thần quang nhàn nhật lóe ra, Diệp Âm Trúc tựa hồ đã mất đi ý thức, hai tay chậm rãi giơ lên. Tay phải hắn biến thành màu vàng, tay trái biến thành màu bạc, hai bàn tay tám ngón lướt trên huyền cầm.

    ReplyDelete