Wujudnya kecil tapi sangat membantu bagi para rider yang telah memperbesar kapasitas mesin dan meningkatkan kompresinya. Terdapat juga di sepeda motor standar yang telah memiliki kompresi yang lumyan tinggi dan cukup besar kapasitas mesinnya. Part itu bernama dekompresi atau bisa disebut dekompresi kem karena part ini letaknya ada di noken as. Sesuai dengan namanya "dekompresi", ini adalah kebalikan dari kompresi.
Fungsi dekompresi adalah membocorkan sedikit kompresi agar kita yang hendak menyalakan sepeda motor baik menggunakan elektrik stater ataupun dengan kick stater bisa dengan mudah melakukannya tanpa perlu membuang banyak keringat dan kalori untuk menyalakannya.
Dekompresi bekerja pada saat mesin mati sampai hendak dinyalakan kembali, pada proses penyalaan, dekompresi akan membuka sedikit klep buang untuk membocorkan sedikit kompresi. walaupun namanya dekompresi tapi tidak perlu khwatir kompresi akan jadi kurang padat karena proses pembocoran sedikit kompresi hanya terjadi pada saat proses penyalaan mesin. Dekompresi akan ke posisi di mana dia tidak bisa menonjok klep buang. Itulah fungsi dari dekompresi dan buat para speedlovers yang sampai saat ini cukup kesulitan untuk menyalakan mesinnya, mungkin ada baiknya menggunakan noken as yang sudah terdapat lubang dekompresi.
duh oommm br ganti noken CLD aku gak sadar tentang lubang ini...ya ampppuuuunnn keras banget nyelahnya... bs gak yah tukang bubut bikin dekompresi d noken cld ku ini?
ReplyDeleteNama alat yg di gambar terakhir apa ya..?
ReplyDeleteCam, decompression (1S7)
DeleteCam, decompression (1S7)
DeleteKalu maupesan pin dekompresi kemana bro n harga barunya brapa
ReplyDeletebiasanya tergantung motornya, pada noken as nya sudah diberi dekompresi atau belum? atau kalo noken as aftermarket, tergantung produsennya menyediakan lubang untuk pin dekompresi atau tidak.
DeleteKlo punya mio m3 kan kayak gitu,trs cam nya ada baretanya,n karena itu mesinku bunyinya berusik banget,cara ngatasinya gmana,apa bisa dibubut di tukang bubut...?..
ReplyDeletelebih baik ganti baru bro karena sebaik2nya diperbaiki, tentu tidak akan 100% kondisinya
DeleteMua tanya . Mass klo misalnya mesing kadang normal dalam artian suaranya tidak terlalu berisik . Tapi pada saat nati trus d hidupkan lagi tiba tiba berubah jadi berisik . Itu knpa mas . Tapi kadang kbali normal lagi
ReplyDeleteTergantung berisiknya di mesin bagian apa? Bisa karena oli kurang, bisa karena oli tidak naik ke bagian kepala silinder, bisa karena stelan klep kendor, bisa karena tensioner lemah, bisa karena rantai keteng sudah kendor, bisa juga dari stang seher. tergantung bro.
DeletePermisi mau tanya semisal dekompresi itu dihilangkan dari noken as apa ada efek. Karena ini saya ada noken as custom untuk motor vario.
ReplyDeleteTerima kasih untuk info yang dibagikan.
efeknya saat dinyalakan, entah itu pakai elektrik starter atau dari kick starter akan terasa berat. Kalau yang kompresinya sudah lebih dari 11:1, akan makin terasa beratnya. Otot kaki jadi kenceng bro.
DeletePercuma nanya juga,ga pernah di bales
ReplyDeleteMaaf bro
DeleteKalou di copot dek oomprensinei MX bakalnya nylah kaga
ReplyDelete