Uneg-Uneg Soal Motor Disini Tempatnya

24 February 2012

Pasang Kunci Kontak New Jupiter Mx di Jupiter Mx Lawas

| 24 February 2012
Angka pencurian kendaraan bermotor makin lama makin bertambah, tentunya hal ini membuat resah para pemilik kendaraan bermotor,khususnya kendaraan roda dua. OM juga ikut dibuat resah, maklum "investasi" di sepeda motor sudah lumayan banyak jadi bakalan tidak mau kehilangannya dung, ya kan?Ada beberapa cara untuk mengamankan sepeda motor dari Si Tangan Panjang, seperti dikunci stang, pasang gembok, pasang alarm dll. 
Ada satu lagi yang cukup praktis, tidak terlalu repot tapi cukup efektif menangkal niat Si Tangan Panjang untuk menjadikan sepeda motor kita sebagai targetnya, yaitu Key Shuter/KS(Kunci kontak bermagnet). Bersyukurlah kalian yang sepeda motornya sudah dilengkapi fitur ini tapi ingat, jangan lupa diaktifkan ya karena tidak sedikit yang males mengaktifkannya, seperti beberapa hari yang lalu di sebuat minimarket OM melihat pengendara yang masuk ke minimarket tapi key shuternya tidak diaktifkan bahkan motor masih dalam keadaan hidup!

Sebagai rider yang baik, jangan ditiru ya ^_^. Nah buat kalian yang motornya belum dilengkapi dengan KS,bisa kok memasangnya asalkan dicek dahulu dudukan bautnya. Seperti biasa, yang jadi kelinci percobaannya siapa lagi kalau bukan Jupiter mx manual clucth aka Jumeko. Key Shuternya dari New Jupiter mx, dudukan bautnya sama kok jadi bisa plug n play(asyik). Yang kurang asyiknya adalah harga satu set key shuter, di katalog online seharga 167rb rupiah. 

Kunci kontak OJMX
Bagi sebagian orang tentunya cukup mahal tapi ya mau bagaimana lagi, lebih baik hilang uang ratusan ribu daripada hilang motor jutaan rupiah, ya kan mas bro mba sis?Satu set kunci kontak terdiri dari kontak utama, 2 kunci kontak dan  rumah kunci jok. oh iya sekedar saran aja nih, jika ada yang jual melebihi harga HET di katalog online maka segeralah cari yang menjual dengan harga HETnya.oke langsung saja ke cara pemasangannya.
Shuter Key NJMX

Pertama siapkan dulu alat-alatnya seperti
1. Kunci L untuk buka baut di sayap dan dek tengah
2. Kunci pas/kunci T ukuran 10 untuk buka baut di sayap bawah
3. Kunci Kembang untuk buka baut di dek tengah
4. Kunci L yang ukurannya agak besar, untuk membuka baut pegangan kontak utama
5. Gergaji besi untuk mencoak atau kalau mau rapi, bisa coak pakai gerinda tapi musti ke bengkel ya

Langkah-langkahnya :
1. Posisikan motor dalam keadaan standar tengah, kunci kontak dalam keadaan off
2. Buka sayap, dek tengah( jujur saja, tahap kedua ini adalah yang paling ribet)
3. Akan terlihat kontak utamanya dan buka baut pegangannya. Karena akan agak susah untuk membukanya, pastikan kunci L nya benar-benar nancep ke bautnya agar kunci L dan bautnya tidak kalah(bikin slek).
4. Jika sudah terlepas, maka tinggal pasang KS New Jupiter Mx. namun jangan lupa soket kabel di KS NJMX dibuat, cara mudahnya tinggal copot soket kabel dikontak OJMX atau bisa beli soket barunya.
5. Sebelum dipasang, OM memapas sebagian payung yang ada di KS dengan tujuan agar bagian yang dicoak hanya cover hitam berkulit jeruk.
6. Selesai dipasang tinggal coak cover hitam berkulit jeruk agar KS bisa masuk, coaknya musti hati-hati dan sebisa mungkin yang rapi ya.
Ada kelemahan sedikit jika memakai KS NJMX, yaitu rumah kunci jok tidak bisa diganti dengan punya NJMX karena dudukannya lebih panjang. Harus modif sedikit alias coak lagi. Nah kalau tidak mau coak2 lagi, bisa pakai rumah kunci jok aslinya tapi bawa 2 kunci ya. 1 kunci kontak NJMX dan 1 kunci kontak OJMX ^_^


Key Shuter NJMX PnP di OJMX
Terpasang manis di OJMX

Good Luck ya bro ^_^

Related Posts

23 comments:

  1. bro..kalo terima bersih kira" berapa di beres??beli KS+socket+pasang kunci jok jga,,,pkoknya tgal make hbs brp kira"??

    ReplyDelete
  2. @yermi: 250rb bro, agak mahal kalo di Beres.

    ReplyDelete
  3. klu pakai yang xeon bisa tidak ya?
    biar bisa buka jok dari depan :D

    ReplyDelete
  4. Bisa aja bro tapi musti beli kabel tambahan supaya kunci kontak dgn jok bs slng trhubung.hehehe...blh jg tuh klo mau lbh ribet masangnya :D

    ReplyDelete
  5. gan ijin share fotonya boleh ga.....

    ReplyDelete
  6. blh ja bro tp jgn pke anonymous lah...hehehe

    ReplyDelete
  7. Sekedar nambahin aja bro, buat kunci kontak belakang bs pake rumah yang lama ga usah dcoak, caranya buka aja 2 baut kecil di kunci kontak lama n baru trus ganti deh isinya pke yg baru djamin tanpa ngebor n bikin dudukan baru hehe, ane udah 5x masang di mio sporty n smile lancar jaya om,

    ReplyDelete
  8. bisa gak gan di pasang di Vega R lama?? makasih

    ReplyDelete
  9. Klo rumah kunci satu set brp iy buat jupe mx new

    ReplyDelete
  10. Klo cocok saya minta almat'a dmn gan

    ReplyDelete
  11. Bro, itu ga perlu papras besi yang buat kunci stangnya kan ?

    ReplyDelete
  12. Bro, itu ga perlu papras besi yang buat kunci stangnya kan ?

    ReplyDelete
  13. Emang kunci jokx ga plug n play ka

    ReplyDelete
  14. Emang kunci jokx ga plug n play ka

    ReplyDelete
  15. Bro klo jupiter z 2005 bisa gx di ganti kunci kontak yg pake Key Shuternya...cocok nya pake yg buat motor apa...?

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. Di beres bisa masang punya njmx ke ojmx?

    ReplyDelete
  18. Bisa gx dipasang pada motor vega zr

    ReplyDelete
  19. Bisa pake yg jupiter z new gak??

    ReplyDelete