Sunday, July 31, 2011

Cara Yamaha Vixion Jadi Jari-jari

Trend penggunaan velg jari-jari ring 17 memang sedang booming, banyak dipakai pada matik atau yang lebih dikenal dengan "thai look" untuk fashion alias gaya. Ada juga yang memakai velg ring 17 pada matiknya demi tujuan mengurangi gesekan dengan aspal dan langkah roda yang besar memang memberikan akselerasi yang lebih vaik dari velg standarnya.
Trend ini juga merambah bebek, walaupun bebek memang sudah pakai velg 17 tapi ada yang memakai cast wheel atau velg palang (racing). Motor laki alias batangan alias sport juga tidak mau ketinggalan, rupanya iri juga dia melihat matik dan bebek ber velg jari-jari 17. Kali ini fokus ke pengguna Yamaha Vixion yang ingin memakai velg jari-jari pada motor kesayangannya.

Masalah velg 17 tentunya tidak jadi masalah yang berarti karena banyak betebaran dari berbagai merek yang meramaikan pasar velg jari-jari ring 17, mau pakai yang standar boleh atau mau pakai yang alumunium juga boleh dan yang paling banyak dipilih tentunya velg jari-jari alumunium. Lebih ringan dan modelnya lebih bergaya dibandingkan dengan velg jari-jari standar.
 
Ada yang harus diperhatikan dalam memilih velg jari-jari alumunium, yaitu keaslian velg, jari-jari pakai yang standar dan diusahakan pilih dari merek yang memang teruji baik kualitasnya, seperti TDR, Excel Taksago, DBS.. (maaf ya bukan promosi ^_^ ), hal ini untuk menghindarkan velg cepat penyok jikala sering melewati jalanan yang rusak.
 
Masalah utama pada Yamaha Vixion adalah mau pakai tromol apa?Tenang mas bro, tidak usah khawatir. Tromol belakang bisa memakai tromol Yamaha Scorpio z atau Yamaha Rx-king, bisa langsung pasang atau bahasa kerennya plug n play. Nah tromol depan tidak ada yang bisa langsung pasang lantaran ukuran bearing Yamaha Vixion tidak ada yang sama dengan motor lain. Tentunya harus custom deh tapi tidak usah langsung madesu (masa depan suram), OM kasih tahu caranya. Cara paling mudah bisa pakai tromol depan Yamaha Jupiter Mx, hanya saja harus bubut rumah bearingnya agar bisa pakai bearing Vixion dengan kode 6301 (diameter luar bearing 37mm, diameter dalam 12mm). Sementara Bearing Jupiter Mx punya kode 6300 (diameter luar 35mm, diameter dalam 10mm), jadi harus dibubut agar bearing vixion yang lebih besar bisa masuk di rumah bearing Jupiter Mx yang lebih kecil. Jika ingin lebih gaya bisa saja memakai tromol ninja tapi harus bubut rumah bearing tromol ninja supaya bearing Vixion bisa masuk. Standar ninja punya bearing dengan kode 6202 (diameter luar 35mm, diameter dalam 15mm). 

Oh iya jika ingin speedometer jalan, baik pakai tromol Jupiter Mx atau Ninja, gear nanas tromol juga dipasang ya. Alangkah baiknya jika ingin ke tukang bubut bawa tromol dan bearing yang mau dipasang agar si tukang bubutnya bisa ngepasin karena rumah bearing dengan bearingnya harus pas, tidak longgar dan tidak kesempitan.

19 comments:

wendi prastomo said...

tp kalo gt speedonya bs lgsung pake ga??
emg ga bahaya rumah bearingnya di bubut kn tmbah tipis tuh...

Go record said...

bs mas bro asalkan pakai tromol jupi mx atau ninja.

selama msh ada toleransinya, maka msh ttp aman wlpn dibubut.

Syamdika Ankala Nurseptiana said...

Bro...
Ane kan udah punya tromol depannya ninja... dipasang udah tinggal plek...
tapi yang jadi masalah gear nanas nya malah ke gerus sama tu tromol...
yang musti dibubut yang manannya ya?

Go record said...

@syamdika:maaf mas bro baru balas.
22nya mas bro.

Anonymous said...

Kan kalau udah dibubut terus diganti velg jari", kalau mau ganti velg ori lagi bisa enggak?

Go record said...

masih bisa kok bro, kan yang dibubut rumah bearing ditromolnya bro. jadi bearing masih ttp pakai vixion, jd rumah bearingnya yang dibubut disesuaikan dengan diameter luar bearing vixion

Anonymous said...

maaf mas bro agak gx donk
tpy tromol blakang jupiter MX bsa d.pasang d.vixion ta???

Anonymous said...

Bro tp klo belakang pke tromol pnya.a jupiter mx apa ada yg prlu d rubah..?

Go record said...

dr kodenya ada persamaan,kemungkinan besar bisa bro mengingat kamrem jupi mx bisa pakai punya king yg artinya dimensinya ga jauh berbeda,maka kemungkinan besar bisa kok bro dan lagi harganya lebih murah.

Anonymous said...

KIRA2 YG D.RUBAH AP BRO???

Go record said...

ini anonym yg baru atau yg mana ya?

Bayi Solo said...

gan tu kan gear nanasnya kegerus, mksdnya yg d bubut 22nya, d tromolnya doang pa sma gir nanasnya gan.......

Go record said...

@solo:22nya bro...tp hati2 ya

Teja Permana said...

Kalau yang depan ga pake Jupi Mx bisa ga ? Terus pakenya tromol punya New Jupiter Z 115c atau New Vega Z/ZR bisa ga nih ? Terus spedometernya bisa jalan ga ? ?
Mohon balasannya !

Aditya Triyatman said...

Gan ane udah beli tromol belakang ori scorpio,,tapi untuk bearingnya pake yg vixion ato harus pake scorpionya???
Ane mau fast respon nih
Pleas call 089 635 590 606
Entar ane kasi pulsa deh..

Bayu Anggara Aja Deh said...

Boy minta bantuan yaa...aq dah beli tromol dwpan ninja.udah komplit sama klakernya velg ring 17" juga udah ada...tinggal beli ruji/jari" nya saya harua beli punya motor apa..n kalo maen code brapa kodenya...minta jawaban yaa' makasih. :)

Bayu Anggara Aja Deh said...

Boy...saya udah tromor depanNya ninja...velg ring 17, nya juga udah ada... namun saya bingung saya harus beli ruji/jari"nya motor apa..n kalo maen code brapa codenya...mohon jawabannya ea boy. :)

Afif Ibrahim said...

Bro.. kalo untuk vixion double disk tromol belakangnya pake apa? Makasih.

Yansa Agustiawan said...

gan itu biar spedonya jalan harus pake gearbox spedonya punya apa gan?? aku udah pake spedo asli bawaannya vixion tp gak nyampe gear nanasnya gak negerus jadinya gak muter tu gear nanasnya gan.. biar jalan tu haru pake gear nanasnya apa gan??