Uneg-Uneg Soal Motor Disini Tempatnya

07 March 2011

Yamaha Indonesia Ekspor Mesin ke Jepang

| 07 March 2011
doc.motorplus
Bukti kualitas Yamaha Indonesia yang lebih tinggi dan bagus dibandingkan negara-negara lain memang terbukti. Yamaha Tricker, sebuah motor produksi garpu tala yang bergenre antara trail dan supermoto mengambil basis mesin yang didatangkan langsung dari Indonesia. "Basisnya dari Scorpio. Kita ekspor ke Jepang." jelas Muhammad Abidin, Manager Technical Service PT Yamaha Motor Kencana Indonesia.

Dimensinya cukup jangkung ditemani sasis tubular sehingga menjadikannya seperti trial bike. Perbedaan ada dikapasitas mesinnya, Scorpio hanya 225cc, sedangkan Tricker sudah 250cc sehingga Tricker menggunakan piston dengan ukuran 74mm atau oversize 400 dari piston standar Scorpio yang hanya 70mm. Strokenya sama-sama 58mm. Berarti karakter mesinnya overbore (diameter piston lebih besar dari stroke) menjadikannya lebih bertenaga di putaran atas. Perbedaan juga ada di engine mounting, "Kalau diperhatikan ada lubang baut yang tidak terpakai pada Scorpio. Lubang itu untuk engine mounting Yamaha Tricker, karena sasisnya beda." lanjut pria yang hapal luar dalam semua mesin Yamaha.

Sasis Tricker memakai tubular, sedangkan Scorpio memakai double cradle. Dimensinya ramping, enak untuk diajak selap selip di kemacetan perkotaan ataupun diajak off road ringan juga tidak masalah. Mau tau kenapa?karena ban Tricker berprofil multi purpose dengan kembangan yang tidak terlalu kasar namum tetap nyaman untuk jalan aspal. Ban tersebut melingkari velg yang berukuran 19 inci di depan dan 16 inci dibelakang. Yang cukup merepotkan adalah bagi yang mempunyai tinggi badan yang tidak terlalu tinggi bisa jinjit saat menaikin motor ini namun ukuran velg bisa diubah menjadi lebih kecil, bisa sama-sama ukuran 16 inci atau bahkan sama-sama 14 inci.Perbedaan lainnya, Tricker sudah mengusung injeksi bahan bakar, sedang Scorpio masih mengandalkan karburator Mikuni BS30x1. Sedang transmisinya sama-sama 5 kecepatan dengan konfigurasi 1-N-2-3-4-5. Basis mesin yang sama juga nemplok di supermoto Yamaha XT250X dan trail Yamaha Serow 250 tapi hanya dipasarkan di Jepang.

Yamaha Serow


Yamaha XT250X

Related Posts

No comments:

Post a Comment