Pulsar 220F DTS-I, motor produksi pabrikan asal Negeri Bollywood ini telah resmi "meluncur" oleh PT. Bajaj Auto Indonesia di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, Selasa (8/3). Diprediksi bukan hanya mampu "menggoyang" Karawang..eits..bukan goyang yang dibintangi artis yang hot dibicarakan itu ya tapi "menggoyang" pasar Honda Tiger maupun Yamaha Scorpio.
Selain itu juga bisa menggoyang pasar Suzuki Satria Fu150. Lah..kenapa bisa seperti itu?Kan Suzuki Satria Fu termasuk jenis bebek sport, bukan jenis sport dan lagi dari segi kapasitas mesin juga beda, kok bisa menggoyang pasar Suzuki Satria Fu?Suzuki Satria Fu dan Bajaj Pulsar 220F DTS-i memang beda jenis dan beda kapasitas mesin yang cukup jauh tapi jika melihat harga jual Bajaj Pulsar 220F DTS-I Rp 18.600.000 (ah...yang bener?) dan tenaga maksimal 21,04dk/8500rpm dipadu torsi maksimal 19,12Nm/7000rpm plus slogan "Yang Suka Kencang", membuat pasar Suzuki Satria Fu juga bisa ikut bergoyang (tariiikk..maaannng). Nah untuk yang suka kecepatan, tunggu ulasan minggu depan, seberapa bisa sih Bajaj Pulsar 220F DTS-I menandingi Satria Fu dalam segi kecepatan.
Selain itu juga bisa menggoyang pasar Suzuki Satria Fu150. Lah..kenapa bisa seperti itu?Kan Suzuki Satria Fu termasuk jenis bebek sport, bukan jenis sport dan lagi dari segi kapasitas mesin juga beda, kok bisa menggoyang pasar Suzuki Satria Fu?Suzuki Satria Fu dan Bajaj Pulsar 220F DTS-i memang beda jenis dan beda kapasitas mesin yang cukup jauh tapi jika melihat harga jual Bajaj Pulsar 220F DTS-I Rp 18.600.000 (ah...yang bener?) dan tenaga maksimal 21,04dk/8500rpm dipadu torsi maksimal 19,12Nm/7000rpm plus slogan "Yang Suka Kencang", membuat pasar Suzuki Satria Fu juga bisa ikut bergoyang (tariiikk..maaannng). Nah untuk yang suka kecepatan, tunggu ulasan minggu depan, seberapa bisa sih Bajaj Pulsar 220F DTS-I menandingi Satria Fu dalam segi kecepatan.
Balik maning nang ulasan. Pada sektor body dan kaki-kaki seperti tidak ada bedanya dengan produk Bajaj yang sudah keluar terlebih dahulu, yaitu Pulsar 180 DTS-I dan Pulsar 200 DTS-I. Perbedaan cukup mencolok ada dibagian depan, yaitu adanya Half Fairing. Bisa dilihat dari inisial F (berarti Fairing) dibelakang angka 220...ooohh.Adanya setengah fairing cukup membantu dalam hal aerodinamika di trek lurus, jadi angin tidak langsung menerpa rider sehingga top speed mudah dicapai.Jok yang punya tinggi dari tanah 795mm masih bisa membuat nyaman bagi yang punya tinggi 170cm dan kaki masih bisa menapak aspal. Ditemani posisi yang agak menunduk karena setang jepit tapi masih ergonomis untuk dikendarai. Lanjut ke bagian kaki-kaki, shockbreker depan berdiameter 37mm teleskopic dan shockbreker belakang menganut model ganda, walaupun masih model ganda tapi sudah ada tabung nitrogen yang mampu meredam guncangan dengan baik.Pemakaian ban lebar 90/90 untuk depan dan untuk belakang 120/80 dipastikan mampu membuat handling jadi lebih mantab dan menikung rebah tanpa ada gejala ngebuang. Pada fairing setengahnya berisi lampu proyektor dua susun plus dua corong angin di kanan dan kiri..wwuuiihh..gelapnya malam tak akan jadi kendala yang berarti nih,jadi terang benderang. Konsumen punya lima pilihan warna, hitam, biru, merah, silver, dan oranye. Buat yang kepincut dengan Bajaj Pulsar 220F DTS-I musti sabar dulu bro karena ternyata ready stocknya baru di bulan April.
Spesifikasi Bajaj Pulsar 220F DTS-I
Engine
- Type
- 4-stroke, DTS-i, air cooled
- Displacement
- 220 cc
- Max. Power
- 21.04 @ 8500 (Ps @ RPM)
- Max. Torque
- 19.12 @ 7000 (Nm @ RPM)
Suspension
- Front
- Telescopic, 130 mm stroke
- Rear
- Nitrox, rear wheel travel 90 mm
Brakes
- Front
- 260 mm Disc
- Rear
- 230 mm Disc
Tyre
- Front
- 90/90 x 17 – Tubeless
- Rear
- 120/80 x 17 – Tubeless
Fuel Tank
- Total litres (reserve, usable)
- 15 litres (3.2 litres reserve, 2.2 litres usable)
Electricals
- System
- 112 V Full DC
- Headlamp (Low/High Beam- Watts)
- 3Low – projector lamp 55w, High – Ellipsodial lamp 55w
Dimensions
- Wheelbase
- 1350 mm
- Kerb Weight
- 150 Kg
No comments:
Post a Comment