Sunday, October 3, 2010

Istilah Reamer karbu dan stel klep

Reamer karbu dan stel klep, istilah apa lagi tuh?Bagi para brader yang sudah sering makan garam (asin donk?hehehe...)dalam ngoprek motor,itu istilah yang sudah tidak asing lagi.Namun bagi para Newbie didalam dunia korek motor mungkin masih ada yang bingung dan tidak tahu apa itu reamer karbu atau stel klep.Yups...kedua istilah ini berhubungan dengan menaikkan performa motor tunggangan brader.Langsung saja kita ke TKP.

Reamer karbu
Membesarkan lubang venturi yang dicorong karbu dan dibagian dalamnya juga diperbesar sehingga karbu yang tadinya berukuran venturinya 22mm bisa menjadi 24mm. cara reamer banyak dilakukan para brader yang mempunyai dana pas-pasan atau ubahan mesinnya tidak terlalu ekstreem.jika karbu bisa jadi 24mm kan lumayan,dengan dana yang lebih murah tapi bisa dapatkan performa yang setara karbu 24mm asli.Oiia,catatan jika ingin mereamer cukup reamer 2mm saja,lebih dari 2mm resikonya karbu akan bocor.

Stel klep
Menyeting klep yang akan berhubungan dengan konsumsi bbm atau performa motor,contohnya jika klep distel kendor maka akan berpengaruh ke performa motor akan naik namun bensin jadi boros,jika distel rapet,maka performa motor jadi turun akan tetapi bensin jadi irit.
Catatan yang harus diperhatikan adalah jika ingin menyetel klep,usahakan berubahnya hanya hanya beda 0,5mm dari ukuran standarnya dan ukuran kerenggangan klep tiap motor itu berbeda-beda.jadi harus tahu dahulu ukuran kerenggangan klep standarnya untuk hasil yang diinginkan.

0 comments: