Uneg-Uneg Soal Motor Disini Tempatnya

29 July 2010

Setang seher Smash untuk Jupiter MX bore up

| 29 July 2010
5099stang-seher-adib.jpg Ternyata setang seher Suzuki Shogun 110 atau Smash bisa dimanfaatkan oleh para pengguna Yamaha MX 135LC. Hal itu karena dari hasil uji coba beberapa bengkel, punya Shogun tadi lebih kuat dan cocok untuk mereka yang ingin bore up.

"Memang banyak konsumen datang yang mengeluhkan setang seher MX itu kurang kuat," kata Paolo Irfasyah, mekanik dari VJ Racing Speed. Kondisi ini tambah parah jika dilakukan proses penggantian dengan seher-seher yang berukuran besar alias bore up di bebek 135 cc tersebut.
Karena itu dari sejumlah uji coba yang dilakukan Ivan, panggilan akrabnya, maka diketahui bahwa yang pas adalah mencomot setang seher punya Shogun 110 tadi. "Tapi, harus yang buatan Jepangnya ya, ada kok di toko onderdil," katanya.

Pemakaian ini bisa dilakukan karena ukuran lubang pin seher sama-sama 14 mm. "Dengan begitu cocok atau compatible," tambah pria yang aktif di klub MX ini.

Keunggulan setang ini saat menggunakan piston lebar. "Misalnya saja yang ingin pakai seher Thunder yang 57 mm, atau oversize sampai 59 mm," tambahnya lagi. Bahkan juga bisa hingga yang ukurannya sampai 63 mm.

"Jika masih menggunakan setang standar dan bore up, biasanya harus nambah paking sampai 5 mm. Konsekuensi lainnya juga harus ganti rantai keteng, nah dengan pakai punya Shogun ini enggak perlu nambah paking seperti itu," lanjut pemilik bengkel di Komplek PM, Jl. Baret Biru III, No. 50, Cijantung, Jakarta Timur ini.

Hal itu memang karena punya Shogun atau Smash itu lebih pendek sekitar 3.5 mm dibandingkan MX. Tapi, jika mengganti seperti ini memang harus ada sedikit proses bubut di kruk as, khususnya di bagian big end biar setang ini bisa terpasang. "Kalau enggak pasti enggak bisa terpasang," tambah pria kurus ini.

Sementara itu untuk pen stroke nya masih bisa menggunakan standarnya MX. "Hanya saja laher bambunya harus juga diganti dengan punya Shogun," tutup Ivan.



sumber:motorplus 

Related Posts

4 comments:

  1. Kruk asnya di papas brpa bang klok pasang seher smash??

    ReplyDelete
  2. Uda pakai dan benar saja sangat kuat, tahan lama

    ReplyDelete
  3. Bagian mananya yg di bubut? Daun askruk bagian dalam kan??

    ReplyDelete
  4. Kalau mau di stroke up dengan memakai pen stroke,yg cocok pakai pen stroke apa ya misal pakai stang seher smash secara kan tebal big end lebih besar smash dripda mx,

    ReplyDelete