Uneg-Uneg Soal Motor Disini Tempatnya

21 July 2024

Data Performa Yamaha Nmax "Turbo" Vs Honda Vario 160

| 21 July 2024

Assalamualaikum, Mas bro Mba sist. Setelah pada artikel sebelumnya kita sudah melihat performa Yamaha Nmax "Turbo" dengan YECVT yang memang bukan hanya sekedar Gimmick Marketing. Sebenarnya tanpa YECVT pun Nmax sudah bisa mengalahkan performa PCX160 tapi dengan adanya YECVT membuat Nmax bisa semakin meninggalkan PCX160 lebih cepat. Mulai dari awal hingga akhir hingga bisa berjarak 2,7 kpj atau 0,75 meter / detik. Kalau sampai 5 detik maka jarak yang dibuat sebesar 3,75 meter. Lalu bagaimana bila bertemu dengan Vario 160 sebagai pemegang tahta matik terkencang di kelasnya?


Sekilas sedikit kenapa Vario 160 bisa menjadi yang terkencang di kelasnya dari versi OM ya. Dengan spek mesin yang sekilas mirip dengan mesin PCX160 ini, Vario 160 seperti dibuat lebih lepas. Ditambah dengan bobot yang lebih ringan dari PCX160 yang hanya 115kg untuk versi CBS dan 117kg untuk versi ABS maka seminimalnya sudah ada selisih sebanyak 15kg. Tak heran bila rasio PWR nya lebih tinggi dari PCX160, Vario 160 bisa mencapai PWR 0,1391 ps/kg. 

Sedangkan PCX160 hanya bisa di angka 0.1231 ps/kg, selisih nya cukup jauh kan? Maka dari itu bila dibandingkan dengan Nmax Turbo yang bobotnya bisa mencapai 135 kg, kurang sesuai. Itu juga faktor aerodinamis belum dibahas yang mana dengan desain garis-garis tajam maka sudah pasti bisa lebih mudah untuk membelah angin sehingga hambatannya bisa seefisien mungkin.

Tapi ya tidak ada salahnya kita komparasi saja untuk mengobati rasa penasaran para Speed Lover. Berikut data performa Vario 160.

Vario 160

0-60 kpj : 5 detik

0-80 kpj : 8,8 detik

0-100 kpj : 14,3 detik

0-201 m : 12 detik

0-402 m : 19,1 detik

Top Speed on Speedo : 128 kpj

Top Speed on GPS : 117,7 kpj


Nmax Turbo S-Mode Y-Shift

0-60 kpj : 4,87 detik

0-80 kpj : 8,55 detik

0-100 kpj : 15,87 detik

0-201 m : 11,67 detik

0-402 m : 19,1 detik

Top Speed on Speedo : 121 kpj

Top Speed on GPS : 116 kpj


Melihat data untuk akselerasi, nampaknya teknologi YECVT (Yamaha Electric Continous Variable Transmission) memang bukan kaleng-kaleng. Berpadu dengan S-Mode bisa membuat Yamaha Nmax mampu berlari lebih cepat dari Vario 160 meski dengan bobot yang lebih berat dan bodi motor yang kurang aerodinamis. Namun bukan berarti Vario 160 tidak memberikan perlawanan seperti pada PCX 160, bila jarak cukup panjang atau bahkan bisa lebih dari 2 kilometer maka ada kemungkinan Vario 160 bisa menyalip Nmax "Turbo".

Jarak 402 meter keduanya sama-sama mencatatkan waktu 19,1 detik. Bahkan top speed pada Speedometer maupun pada GPS lebih unggul Vario 160. Di GPS bisa selisih 1,7 kilometer per jam atau 0,47 meter per detik, terkesan pelan? Tidak juga, coba bayangkan dalam 10 detik sudah seberapa jauh meninggalkannya? Yap bisa meninggalkan sejauh 4,7 meter. Untuk itu memang baiknya tunggu saja data dan hasil yang lebih valid agar bisa kita tahu hasilnya. Jadi jangan terlalu ditelan mentah ya.

Related Posts

No comments:

Post a Comment