Sesuai perkiraan, CBR150R facelift 2016 demi menghemat biaya produksi sehingga harga jualnya bisa lebih kompetitif bersaing dengan para "tetangga", langkah common part dilakukan. Salah satunya pada bagian mesin yang common part dengan All New CB150R. Meskipun demikian, klaim tenaga dan torsi tidaklah sama. Lagi pada ngetren kali ya?
Kalau Mas bro Mba sist mencermati, kasus CBR150R facelift 2016 ini mirip dengan kasusnya tetangga sebelah yang klaim tenaga dan torsi versi pabrikannya berbeda. Padahal menggunakan mesin yang sama. Lagi-lagi walaupun beda tapi perbedaannya tidaklah begitu banyak. Paling banter beda 0.2 kW.
Klaim tenaga dan torsi All New CB150R adalah
Tenaga maksimum = 12.4 kW (16.9 PS) (16.616 dk)@9000rpm
Torsi maksimum = 13.8 Nm (1.41 kgf.m)@7000rpm
Sedangkan klaim tenaga dan torsi CBR150R facelift 2016
Tenaga maksimum = 12.6 kW (17.1 PS) (16.9 dk)@9000rpm
Torsi maksimum = 13.7 Nm (1.4 kgf.m)@7000rpm
Bisa disimpulkan bahwa untuk tenaga lebih besar CBR150R facelift 2016 sebanyak 0.2 kW. Untuk torsi lebih besar All New CB150R sebanyak 0.1 Nm. Padahal rasio kompresi sama, bore x stroke sama-sama 57.3 mm x 57.8mm, sama-sama usung mesin 4 tak DOHC dengan 4 klep. Tapi entah di mana perbedaannya sehingga bisa membuat klaim tenaga dan torsi versi pabrikan berbeda. Kalau menurut Mas bro Mba sist bagaimana?
No comments:
Post a Comment