Uneg-Uneg Soal Motor Disini Tempatnya

02 November 2015

Cara Mengatasi Stelan Kopling Sering Berubah-ubah

| 02 November 2015

Ada kawan yang bertanya mengenai stelan koplingnya yang sering berubah-ubah, berikut merupakan pertanyaannya. 

"Jupiter mx saya masalahnya ga kelar kelar (selesai), kali ini ada suara kasar di blok kopling dan setelan kopling suka rubah sendiri nariknya yang tadinya pendek jadi jauh sendiri suaranya seperti kruk as kena namun motor ga ngebul(keluar asap putih) dan di busi pun tidak ada bekas oli, tapi kaki di foot step merasakan dek dek dek ketika motor melaju , kira - kira ini gejala apa ya."


Sebelum berkembang lebih jauh, coba deh mas bro cek dua baut pegangan atau bisa dibilang stelan kopling yang ada di bak kopling. Letaknya ada di mesin sebelah kanan, atau kalo belum nemu juga maka gerakkan tuas kopling dan perhatikan di mesin sebelah kanan, ada yang bergerak kan bersamaan dengan tuas kopling digerakkan? Jika iya maka di deket situ seharusnya ada dua baut ukuran 12 yang menjaga agar jarak main kopling tidaklah berubah2.

Berhubung stelan kopling mas bro sering berubah2 maka kemungkinan besar salah satu baut (biasanya baut yang bawah) itu kendor dan sudah tidak ada di drat2annya. Coba mas bro kencangkan dan saat mau kencangkan terakhir kali, kunci baut yang atas dengan kunci pas ukuran 12 dan begitu juga baut yang bawah dan lakukan secara bersamaan. 



Jika masih belum ilang juga sakitnya, hubungi dokter terdekat di kota anda...hehehe...becanda. Jika masih bermasalah, ada kemungkinan kampas kopling mas bro sudah habis "masa baktinya" alias sudah aus. Ini kudu musti beli kampas kopling dan sekalian plat geseknya. Nah mas bro ini jupiter mx nya taun berapa ya? Soalnya beda2 nih dudukan kampas koplingnya.

Kalo mx nya dari taun 2006-2008 maka...
3 kampas besar = Rp 72.000
1 kampas kecil = Rp 31.000
3 plat gesek = Rp 33.000
judder spring dan platnya = Rp 49.000
total partnya aja Rp 185.000


Kalo tak bisa menemukan partnya maka bisa kanibal sama punyanya karisma 125 atau supra x 125. Lalu judder springnya bisa dilepas tapi bakalan lebih menghentak.


Kalo mxnya dari taun 2009-2010 awal maka...
4 kampas besar = Rp 96.000
1 kampas kecil = Rp 33.000
4 plat gesek = Rp 44.000
judder spring dan platnya = Rp 49.000
total partnya aja Rp 222.000

Kalo jarak tempuh mx ente sudah lebih dari 50.000km maka ada sebaiknya per kopling sekalian saja diganti. Harga untuk 4 biji itu Rp 76.000.

Related Posts

1 comment:

  1. motor gl max neotech saya juga ngalamin hal serupa gan. padahal kampas baru(ori) tapi sering nyedak-nyedak itu kenapa ya...
    trus setelan kopling sering berubah ubah baut nya ada 2(kenceng) kenapa ya. mohon pencerahannya gan..

    ReplyDelete