Uneg-Uneg Soal Motor Disini Tempatnya

06 July 2012

Vario Techno 110 Suksessor Vario 125

| 06 July 2012

Laris manisnya Vario terbaru "Kepunyaan" Mba Agnes Monica ini, Vario 125, tentunya ada sebabnya. Seperti kata pepatah, "Tidak ada udang dibalik Jermai" (laaahhh), ehem yang benar itu "Tak ada asap kalau tak ada api", maka laris manisnya Vario 125 tentu ada penyebabnya.

Menurut analisis OM, semua berawal dari kejelian AHM(Astra Honda Motor) melihat peluang. Pada awalnya penjualan Vario 110 masih biasa-biasa saja, tidak ada yang spesial. Kemudian AHM meluncurkan  Vario Techno dengan fitur CBS (Combi Brake System) sehingga mempunyai nama lengkap Vario Techno CBS (Vartech CBS).

Harga yang ditawarkan cukup jauh dari Vario biasa, jika Vario biasa masih bermain diangka 14juta lebih sedikit maka Vartech CBS hampir sentuh angka 16juta. Setelah mengamati kondisi pasar, AHM menyimpulkan bahwa ternyata konsumen lebih suka dengan model Vartech CBS tapi karena terlalu mahal dan ada fitur safety terbaru yang masih asing ditelinga masyarakat, maka cukup banyak yang memgurungkan niat untuk meminang Vartech CBS ini.

Maka dari itu, pihak AHM akhirnya mengeluarkan strategi hasil dari pengalaman Honda yang juga berjualan kendaraan roda empat, yaitu melaunching produk yang sama modelnya dengan Vartech CBS namun tanpa menghadirkan fitur CBS sehingga harga jual bisa lebih murah tapi dengan desain yang lebih disukai oleh masyarakat, yaitu Vario Techno 110 (Vartech).

Strategi tersebut sangat berhasil membantu dalam mendongkrak hasil penjualan, buktinya bisa  tembus 10 besar motor terlaris pada tahun lalu, 2011. Kini dengan hadirnya Vario 125 yang modelnya tidak begitu jauh dari vartech namun dengan fitur yang semakin lengkap sehingga makin terasa premiumnya dan tentu saja tetap laris manis.



Related Posts

No comments:

Post a Comment