Bagi para pecinta balapan terutama di roda dua, apalagi yang
suka dengan sport. Tentunya akan tahu bahwa Honda dengan CBR250Rnya begitu
mendominasi, terutama di kancah Asia. Ada berbagai sebab dan salah satunya
adalah faktor motor.
Tak dapat dipungkiri bahwa untuk di sirkuit, Honda CBR250R
mempunyai modal yang sangat bagus. Yups...motornya itu sendiri salah satu
faktornya. Paling pertama adalah CBR250R mempunyai wheelbase (sumbu roda) yang
paling pendek dibandingkan dengan rivalnya.
Daftar Wheelbase
CBR250R 1378mm
YZF-R25 1380mm
Ninja 250 FI 1400mm
Wheelbase antara CBR250R dengan YZF-R25 memang tipis sekali
perbedaannya. Nah sekarang ke senjata rahasia CBR250R, yaitu rasio transmisi. Masih ingat dengan adu drag sepanjang 2 km yang dilakukan di luar negeri? Ratio transmisi yang pas dan dengan pencapaian top speed di putaran mesin yang lebih rendah dari para rivalnya, bisa membuat CBR250R lebih cepat kaburnya. Tentunya itu sangat penting di sirkuit di mana lebih banyak tikungan dan jarak antar satu tikungan ke tikungan lainnya sebagian besar tak lebih dari 500m. Selebihnya tinggal lihat potongan gambar dari video berikut.
Dan butuh jarak 1km lebih untuk Ninja 250R mendahulu CBR250R |
No comments:
Post a Comment