Uneg-Uneg Soal Motor Disini Tempatnya

29 September 2011

Cara Klaim Garansi

| 29 September 2011
Punya motor yang diidam-idamkan ada suatu kesenangan tersendiri, apalagi mendapatkannya dalam keadaan baru dan gress dari pabriknya. Makin senang dan bangga tentunya, biasanya dalam 6 bulan kedepan pasti bakalan menaruh perhatian lebih ke motor baru ..(cciieeee...mtr bau)..hehehe. Namun apa yang terjadi bila motor kesayangan yang menjadi idaman mengalami kerusakan yang tak normal,apalagi jika umurnya masih hitungan bulan. sedih, kesal, kecewa dan khawatir bercampur menjadi gado-gado..ups...menjadi satu yang benar, kenapa jadi gado-gado sih?Maaf tadi habis makan gado-gado..hehehe.
Tidak usah khawatir plus panik karena tiap pabrikan motor pasti punya garansi. Selama syarat dan ketentuan untuk klaim garansi dipenuhi dan tidak dilanggar, maka masih bisa mengajukan klaim garansi.Hooreee....senangnya. Berikut akan OM jelaskan cara mengajukan klaim garansi untuk motor Yamaha.

Yang dari pabrikan lain juga hampir sama kok, paling cuma beda 1-2poin saja. Oh iya pasti akan terbesit pertanyaan kenapa OM buat postingan cara klaim garansi yang padahal ada di buku garansi dan servis. Hehehe...iya benar di buku garansi dan servis tiap motor pasti ada tapi sebagian besar orang malas untuk membuka dan membacanya, ingat ya sebagian besar orang yang berarti jika ada yang baca postingan OM dan merasa tidak seperti itu maka ente termasuk ke sebagian kecilnya ya...(piss bro ^_^ make a peace not war). Jangankan buku garansi, buku manualnya saja jarang juga dibaca...ya kan...ya kan? Lagipula bisa berguna bagi pemilik motor baru yang kehilangan buku garansi dan servisnya bisa lihat dimari.

Cara Mengajukan Klaim Garansi

1. klaim dapat diajukan jika telah memenuhi semua ketentuan garansi

2. Pengajuan klaim untuk garansi hanya dapat dilakukan di Dealer Resmi atau Bengkel Resmi (Beres) yang berstatus ACS (Authorized Claim Shop) di seluruh Indonesia. Atau biar lebih gampangnya menentukan Beres dan dealer resmi mana yang bisa klaim garansi, maka ciri-ciri utamanya adalah sudah 3S (Sales, Servis, Suku cadang) atau bisa juga yang Penjualan, Bengkel dan Suku Cadang.

3. Buku servis yang diserahkan oleh Dealer harus dilengkapi dengan bukti :
   - Telah dilakukan Pemeriksaan Sebelum Penyerahan atau dalam bahasa sundanya Pre Delivery Inspection (PDI) yang disertai tanggal, cap, tanda tangan dan nama mekanik pelaksana PDI.

4. Garansi hanya berlaku untuk sepeda motor yang dirawat secara teratur di Beres di seluruh Indonesia. Sesuai jadwal servis berkala yang telah ditentukan dalam buku servis.

5. Termasuk apabila sepeda motor berpindah tangan, garansi tetap berlaku sepanjang mengikuti ketentuan di buku servis. Klaim hanya mencakup penggantian suku cadang (bila perlu) dan ongkos kerja perbaikan pada saat klaim.

6. Pemilik/pembawa sepeda motor tidak dibebankan biaya atas klaim yang diajukannya.

7. Klaim tidak mencakup biaya-biaya tidak langsung, seperti biaya perbaikan/penyetelan dan penggantian suku cadang yang telah dilakukan bengkel sebelum proses klaim diajukan. Biasanya part yang fast moving yang sudah waktunya diganti atau diperbaiki/stel. Contohnya busi atau filter oli yang sudah waktunya di ganti dan beberapa hari setelah menggantinya ingin mengajukan klaim untuk busi dan kampas rem, maka sudah bisa. Biaya transportasi, telepon dan hotel tak tercakup klaim. Biaya pengobatan jika karena suatu hal terjadi kecelakaan dan/atau biaya untuk penggantian kerusakan barang-barang lainnya. Biaya kompensasi untuk waktu selama perbaikan berlangsung. 

Related Posts

32 comments:

  1. maaf om klo mau ngklaim body motor kita yg ringsek karena kecelakaan bisa ga????
    klo bisa caranya gmn??
    trimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  2. klo body ga ada garansi dari pabrikannya bro. tp klo ente masukan ke polis asuransi, maka akan dapat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gimana cara msuk kn ke polis asuransi om??

      Delete
    2. Gimana cara msuk kn ke polis asuransi om??

      Delete
    3. Gimana cara msuk kn ke polis asuransi om??

      Delete
    4. Maaf Om kalo blok mesin pecah ada garansi ga

      Delete
  3. saya baru beli motor 3 bln yang lalu tapi lampu rating yg kanan gk bisa nyala trus standart belakang gak bisa di pakai bisa gak ya di claim

    ReplyDelete
  4. misi om mau nanya...
    motor ane mio-j nii , mau nanya nii klo ngajuin claim ecu nya ga bisa konek ke komputer saat di service, kira" bisa di ajuin claim engga om ???
    thank you ...

    ReplyDelete
  5. @anony1
    kalo belinya dari baru ya bisa saja bro

    @anony2
    Setau ane untuk garansi kelistrikan itu hanya 6 bulan bro. nah mas bro mionya sudah berapa? kalo kurang dari 6 bulan seharusnya masih bisa asalkan rutin servis berkala di BEngkel RESmi (BERES).

    ReplyDelete
  6. om mau nanya..motor saya mio soul gt..baru beli bulan januari 2014 kmarin..tp ada kerusakan di CDI.nya..itu bisa ngk mengajukan klaim garansi.....trims..

    ReplyDelete
  7. Soul GT tidak memakai CDI bro tapi ECU. Setau OM untuk kelistrikan itu garansinya satu tahun dan itu berarti masih berlaku. Coba ke BERES (BEngkel RESmi) dahulu untuk pengecekan lebih lanjut. Seharusnya untuk biaya pengecekan masih gratis dan kalo memang perlu diganti unit baru juga akan gratis

    ReplyDelete
  8. Kalo vixion ane sdh ngebul...dan sdh menurut ketentuan servis ...bisa d klaim ga

    ReplyDelete
  9. Kalo vixion ane sdh ngebul...dan sdh menurut ketentuan servis ...bisa d klaim ga

    ReplyDelete
  10. Lalo lembar pdinya tisak diisi bagaimana gan ??

    ReplyDelete
  11. Mau tanya nih. Saya beli old vixion keluaran 2015. Baru 2 bulan saya pakai. Kemarin tuh pas saya lg manasin sambil di gas mesin gk sengaja ke injak gigi 1. Alhasil motor kena hentakan hebat. Sekarang motor saya mesinnya jdi kasar. Dan kerasa ada hentakan2 aneh dari dalam mesin. Kemarin sudah cek ke beres yamaha. Saya keluhkan begitu. Katanya kalau begini tidak bisa klaim garansi. Karena kesalahan pemilik. Terpaksa mesin dibongkar tanpa klaim. Bahkan sampai 2 kali bongkar sekarang tetap sama kondisi mesinnya. Kira2 apa hal semacam itu tidak bisa klaim ya ? Dan kalau bisa klaim jika mesin sudah pernah dibongkar beres yamaha masih bisa klaim lagi atau tidak ?

    ReplyDelete
  12. maaf mau tanya kalo kupu2 di pres, itu msuk garansi mtor atau ga ya?sy bli mio m3 125 cw baru 6bln

    ReplyDelete
  13. maaf mau tanya kalo kupu2 di pres, itu msuk garansi mtor atau ga ya?sy bli mio m3 125 cw baru 6bln

    ReplyDelete
  14. aku baru beli mio m3 125 4 hari
    bagian spedo retak apa bisa digaransi

    ReplyDelete
  15. aku baru beli mio m3 125 4 hari
    bagian spedo retak apa bisa digaransi

    ReplyDelete
  16. aku baru beli mio m3 125 4 hari
    bagian spedo retak apa bisa digaransi

    ReplyDelete
  17. Mau tanya dong motor nmax sy baru 10 bulan tensioner sudah jebol, td kebengkel resmi daerah depok katanya udah ga garansi jd hrs bayar , emg gitu ya? Bukannya garansi mesin 3th
    Mohon pencerahannya dong?

    ReplyDelete
  18. Mau tanya dong motor nmax sy baru 10 bulan tensioner sudah jebol, td kebengkel resmi daerah depok katanya udah ga garansi jd hrs bayar , emg gitu ya? Bukannya garansi mesin 3th
    Mohon pencerahannya dong?

    ReplyDelete
  19. Misi agan mau tanya URGENT,,,saya punya motor all new soul gt bluecore,kabel soket ke cdi/ecu di gigit tikus habis 1 kabel.menurut pengalaman agan2 semuanya apakah termasuk garansi atau gimana? Mohon pencerahannya....makasih

    ReplyDelete
  20. Gini om motor sy soul gt bruw pemakaian 6 bln sdah rusak sil starter nya. Gimana tu apakah termaksud garansi?mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  21. Gini om motor sy soul gt bruw pemakaian 6 bln sdah rusak sil starter nya. Gimana tu apakah termaksud garansi?mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  22. Om mau tanya, xabre saya udh 5 bulan dan saat terakhir service saya kasih keluhannya dan ketauan ternyata kiproknya, masih bisa untuk di claim ga?
    Tlg saran dan jawab, terima kasih.

    ReplyDelete
  23. kalo garansi mesin tiga tahun yha om ?

    ReplyDelete
  24. kalo garansi mesin tiga tahun yha om ?

    ReplyDelete
  25. Permisi mau tanya, saya baru beli motor mio Z nih baru 2 bln. Trs motor saya kecelakaan karna ditabrak mobil tapi mobilnya malah melarikan diri, body bagian depan dan lampu depan hancur. Gimana cara biar bisa garansi ya? Ada proses buat claimnya? Fast respon please.

    ReplyDelete
  26. Permisi mau tanya, saya baru beli motor mio Z nih baru 2 bln. Trs motor saya kecelakaan karna ditabrak mobil tapi mobilnya malah melarikan diri, body bagian depan dan lampu depan hancur. Gimana cara biar bisa garansi ya? Ada proses buat claimnya? Fast respon please.

    ReplyDelete
  27. Misi mo tanya...klo ganti lampu sein modif dimotor yamaha beli blm ada 1 bln...garansi hilang ga ya...?

    ReplyDelete
  28. Misi om saya punya yamaha nmax non abs
    Baru 8bln tpi banyak kejanggalan di sistem roda blakang persisnya di gear box gardan suaranya kasar pas saya cek ternyata blok mesin gearboxnya pada retak kira kira gimana ya saya bisa klaimnya jujur saya baru 2x pake buku servicenya yg satu lg saya gx pake karena sudah lewat tanggal servicenya saya kira itu udah gx bisa service lg jdi saya gx pake. Jdi yg saya mau tanya sekarang kira kira saya bisa ajukan klaim gx ya

    ReplyDelete