Motor dengan 2 klep per silinder itu sih biasa, sudah banyak diaplikasikan di banyak motor. 1 klep masuk dan 1 klep buang terpampang di blok head tapi ada tidak ya yang aplikasi lebih dari 2 klep per silindernya??Tentu saja ada yaitu 3 klep per silinder yang terdiri dari 2 klep masuk dan 1 klep buang, kira-kira motor apa ya?Mocin...mocin merek Jamus (bukan jamur ya), mungkin ada yang sudah tahu mengenai motor ini. Blok headnya sudah ada 3 klep, asiknya bisa diterapkan ke mesin Honda C100 series seperti Grand, Supra x/fit karena dudukan tusuk satenya sama, jadi bisa langsung plek.
Beberapa pedagang juga ada yang stok blok head 3 klep buatan Taiwan dengan rentan harga 1 juta - 1,5 juta, itu sudah termasuk blok head, klep dan per klepnya. Lumayan untuk menambah performa motor Honda C100 series. 2 klep sudah, 3 klep juga sudah, kalau 3 klep ada, berarti 4 klep juga ada dung?Yups tentu saja ada, yang ini sih OM yakin sudah banyak yang tahu, bahkan mungkin saja tunggangannya sudah 4 klep per silinder. Motor yang mengaplikasinya yaitu CBR150, Jupiter Mx, Satria Fu, Vixion. Terdiri dari 2 klep masuk dan 2 klep buang. Nah ada yang digerakan oleh 1 kem alias noken as alias camshaft, ada juga yang digerakan 2 kem. Tentunya semua mempunyai kelebihan dan kekurangannya, OM bahas yang 1 kem dulu ya. 1 kem mempunyai 2 bubungan yang masing-masing bubungan menggerakan 2 klep. 1 bubungan menggerakan 2 klep in dan bubungan yang lain menggerakan 2 klep out. Hal ini meminimalisir gesekan sehingga bisa lebih irit, namun keakuratannya masih dirasa kurang. Tenaga juga tidak sebesar yang digerakan oleh 2 kem. Kemudian untuk yang 2 kem, masing - masing klep digerakan oleh masing - masing bubungan yang ada di kem sehingga lebih akurat dalam membuka dan menutup klep, ujung-ujungnya tenaga jadi lebih besar. Tetapi terlalu banyak gesekan sehingga inilah yang membuat mesin DOHC menjadi lebih boros dari SOHC.
4 klep sudah....kira-kira ada tidak ya yang lebih dari 4 klep per silinder??Temukan jawaban pada postingan berikutnya ya, yang jelas akan membuat termehek mehek...loooh..salah..terkaget - kaget.
14 January 2011
Banyaknya klep per silinder
OprekMotore | 14 January 2011
Related Posts
Perbandingan Akselerasi dan Top Speed Honda Sonic 150R Vs Suzuki All New Satria F150 FI Seru nih Mas bro Mba sist, Sang juara bertahan dalam segmen bebek super aka moped hyper underbond aka ayago, Suzuk
Yamaha YZF-R15 Limited Edition - Monoshock Ohlins Bro Ada kabar gembira nih untuk Mas bro Mba sist semua, terutama yang hendak meminang sport full fairing 150cc 4tak. A
Hasil Akhir Tes Resmi MotoGP di Losail - Lorenzo Menakjubkan! Berakhir sudah tes resmi sebelum pagelaran balap paling bergengsi roda dua dimulai. Nama Jorge Lorenzo hadir di pu
Ekspor Yamaha Indonesia Kian Merekah R25 dan NMAX Paling Dicari Sudah 2 tahun ini Yamaha Indonesia melakukan ekspor ke luar negeri dan hasilnya menggembirakan karena dari tahun k
ada bang, yang 8 katup untuk 1 silinder. Honda nr 750..
ReplyDeletehttp://www.motor-bike.it/wp-content/uploads/800pxovalpistonyi6.jpg
Bagaimana untuk motor ini ?
hehehe...itu motor gila amet ya, bagaimana mekanisme kerja kruk asnya ya??nanti ane masukin ke postingan berikutnya, sekarang lg nyiapin postingan yg 5 klep dulu...udh tau kan yg 5 klep apa?
ReplyDelete