Uneg-Uneg Soal Motor Disini Tempatnya

31 July 2011

Cara Yamaha Vixion Jadi Jari-jari

| 31 July 2011
Trend penggunaan velg jari-jari ring 17 memang sedang booming, banyak dipakai pada matik atau yang lebih dikenal dengan "thai look" untuk fashion alias gaya. Ada juga yang memakai velg ring 17 pada matiknya demi tujuan mengurangi gesekan dengan aspal dan langkah roda yang besar memang memberikan akselerasi yang lebih vaik dari velg standarnya.
Trend ini juga merambah bebek, walaupun bebek memang sudah pakai velg 17 tapi ada yang memakai cast wheel atau velg palang (racing). Motor laki alias batangan alias sport juga tidak mau ketinggalan, rupanya iri juga dia melihat matik dan bebek ber velg jari-jari 17. Kali ini fokus ke pengguna Yamaha Vixion yang ingin memakai velg jari-jari pada motor kesayangannya.

Masalah velg 17 tentunya tidak jadi masalah yang berarti karena banyak betebaran dari berbagai merek yang meramaikan pasar velg jari-jari ring 17, mau pakai yang standar boleh atau mau pakai yang alumunium juga boleh dan yang paling banyak dipilih tentunya velg jari-jari alumunium. Lebih ringan dan modelnya lebih bergaya dibandingkan dengan velg jari-jari standar.
 
Ada yang harus diperhatikan dalam memilih velg jari-jari alumunium, yaitu keaslian velg, jari-jari pakai yang standar dan diusahakan pilih dari merek yang memang teruji baik kualitasnya, seperti TDR, Excel Taksago, DBS.. (maaf ya bukan promosi ^_^ ), hal ini untuk menghindarkan velg cepat penyok jikala sering melewati jalanan yang rusak.
 
Masalah utama pada Yamaha Vixion adalah mau pakai tromol apa?Tenang mas bro, tidak usah khawatir. Tromol belakang bisa memakai tromol Yamaha Scorpio z atau Yamaha Rx-king, bisa langsung pasang atau bahasa kerennya plug n play. Nah tromol depan tidak ada yang bisa langsung pasang lantaran ukuran bearing Yamaha Vixion tidak ada yang sama dengan motor lain. Tentunya harus custom deh tapi tidak usah langsung madesu (masa depan suram), OM kasih tahu caranya. Cara paling mudah bisa pakai tromol depan Yamaha Jupiter Mx, hanya saja harus bubut rumah bearingnya agar bisa pakai bearing Vixion dengan kode 6301 (diameter luar bearing 37mm, diameter dalam 12mm). Sementara Bearing Jupiter Mx punya kode 6300 (diameter luar 35mm, diameter dalam 10mm), jadi harus dibubut agar bearing vixion yang lebih besar bisa masuk di rumah bearing Jupiter Mx yang lebih kecil. Jika ingin lebih gaya bisa saja memakai tromol ninja tapi harus bubut rumah bearing tromol ninja supaya bearing Vixion bisa masuk. Standar ninja punya bearing dengan kode 6202 (diameter luar 35mm, diameter dalam 15mm). 

Oh iya jika ingin speedometer jalan, baik pakai tromol Jupiter Mx atau Ninja, gear nanas tromol juga dipasang ya. Alangkah baiknya jika ingin ke tukang bubut bawa tromol dan bearing yang mau dipasang agar si tukang bubutnya bisa ngepasin karena rumah bearing dengan bearingnya harus pas, tidak longgar dan tidak kesempitan.

Related Posts

51 comments:

  1. tp kalo gt speedonya bs lgsung pake ga??
    emg ga bahaya rumah bearingnya di bubut kn tmbah tipis tuh...

    ReplyDelete
  2. bs mas bro asalkan pakai tromol jupi mx atau ninja.

    selama msh ada toleransinya, maka msh ttp aman wlpn dibubut.

    ReplyDelete
  3. Bro...
    Ane kan udah punya tromol depannya ninja... dipasang udah tinggal plek...
    tapi yang jadi masalah gear nanas nya malah ke gerus sama tu tromol...
    yang musti dibubut yang manannya ya?

    ReplyDelete
  4. @syamdika:maaf mas bro baru balas.
    22nya mas bro.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas bro mau tanya klo tromol depan pakai supra x buat di vixion ane thn 2010, kira2 bisa ga dn apa aja yg harus di rubah

      Delete
  5. Kan kalau udah dibubut terus diganti velg jari", kalau mau ganti velg ori lagi bisa enggak?

    ReplyDelete
  6. masih bisa kok bro, kan yang dibubut rumah bearing ditromolnya bro. jadi bearing masih ttp pakai vixion, jd rumah bearingnya yang dibubut disesuaikan dengan diameter luar bearing vixion

    ReplyDelete
  7. maaf mas bro agak gx donk
    tpy tromol blakang jupiter MX bsa d.pasang d.vixion ta???

    ReplyDelete
  8. Bro tp klo belakang pke tromol pnya.a jupiter mx apa ada yg prlu d rubah..?

    ReplyDelete
  9. dr kodenya ada persamaan,kemungkinan besar bisa bro mengingat kamrem jupi mx bisa pakai punya king yg artinya dimensinya ga jauh berbeda,maka kemungkinan besar bisa kok bro dan lagi harganya lebih murah.

    ReplyDelete
  10. KIRA2 YG D.RUBAH AP BRO???

    ReplyDelete
  11. ini anonym yg baru atau yg mana ya?

    ReplyDelete
  12. gan tu kan gear nanasnya kegerus, mksdnya yg d bubut 22nya, d tromolnya doang pa sma gir nanasnya gan.......

    ReplyDelete
  13. Kalau yang depan ga pake Jupi Mx bisa ga ? Terus pakenya tromol punya New Jupiter Z 115c atau New Vega Z/ZR bisa ga nih ? Terus spedometernya bisa jalan ga ? ?
    Mohon balasannya !

    ReplyDelete
  14. Gan ane udah beli tromol belakang ori scorpio,,tapi untuk bearingnya pake yg vixion ato harus pake scorpionya???
    Ane mau fast respon nih
    Pleas call 089 635 590 606
    Entar ane kasi pulsa deh..

    ReplyDelete
  15. Boy minta bantuan yaa...aq dah beli tromol dwpan ninja.udah komplit sama klakernya velg ring 17" juga udah ada...tinggal beli ruji/jari" nya saya harua beli punya motor apa..n kalo maen code brapa kodenya...minta jawaban yaa' makasih. :)

    ReplyDelete
  16. Boy...saya udah tromor depanNya ninja...velg ring 17, nya juga udah ada... namun saya bingung saya harus beli ruji/jari"nya motor apa..n kalo maen code brapa codenya...mohon jawabannya ea boy. :)

    ReplyDelete
  17. Bro.. kalo untuk vixion double disk tromol belakangnya pake apa? Makasih.

    ReplyDelete
  18. gan itu biar spedonya jalan harus pake gearbox spedonya punya apa gan?? aku udah pake spedo asli bawaannya vixion tp gak nyampe gear nanasnya gak negerus jadinya gak muter tu gear nanasnya gan.. biar jalan tu haru pake gear nanasnya apa gan??

    ReplyDelete
  19. kalo tromol depan scorpio bisa nggak gan

    ReplyDelete
  20. kalo pake punya mx ganjel kanan kirinya masih pake punya vixikah? terus bikin dudukan kaliper cakram lagi gak ya?

    ReplyDelete
  21. Mau tanya gan, ukuran leher vixion dan tiger lebih besar mana ya gan, apakah bisa upside down bekas dipasang di tiger bisa kepasang ke vixion

    ReplyDelete
  22. Maaf mas bro, gua udah bubut tp pecah tubtromol pas di masukin bearing
    Gimana tu mas bro?

    ReplyDelete
  23. Maaf mas bro, gua udah bubut tp pecah tubtromol pas di masukin bearing
    Gimana tu mas bro?

    ReplyDelete
  24. Biasanya klo tromol depan jupiter 155cc atau vega ZR itu gabisa mas bro, lebih pas itu pakek tromol punya RXKing, sama jupiter MX , gausah yg lain.lain, ribet klo makek yang lain.lain, klo tromol ninja dia musti bubut dudukan as,dudukan cakram dan rumah bearing, klo soal tromol belakang udah pakek RX king atau scorpio, itu aja pakek !! Ok bro !!

    ReplyDelete
  25. Kalok yang pecah tromolnya itu ya ganti baru lah mas bro, intinya nih ya mas bro, klo dpan belakang ganti tromol, otomotis bearing jugak ganti mas bro :) ok !!

    ReplyDelete
  26. Bro klo tromol depan dan belakang punya mx bisa gk langsung di pasang ke vixion???
    . Mohon pencerahannya mas bro...

    ReplyDelete
  27. Bro klo tromol depan dan belakang punya mx bisa gk langsung di pasang ke vixion???
    . Mohon pencerahannya mas bro...

    ReplyDelete
  28. pertanyaan yg sama dgn Anonymous Killer, trimol depan mx dipasang lngsung ke old vixion bisa gak ya?

    ReplyDelete
  29. Bro.. skg kan ada tromol variasi new vixion keluaran v***d. Klo diaplikasikan ke old vixion, spedometer masih dpake ga ya?? Ya sapa tau udah nyoba. Trims

    ReplyDelete
  30. Bro gw udah beli tromol trusty blimbing tinggal masang tapi asnya gk masuk di apain yaa bingung ini

    ReplyDelete
  31. Bro gw udah beli tromol trusty blimbing tinggal masang tapi asnya gk masuk di apain yaa bingung ini

    ReplyDelete
  32. Bro Kalw teromol depan saya pakai beat, pakai lahar nomor berapa

    ReplyDelete
  33. Bro tromol orie rx king depan belakang klau buat vixion old ada yg perlu di bubut lg ga bro

    ReplyDelete
  34. Bro tromol orie rx king depan belakang klau buat vixion old ada yg perlu di bubut lg ga bro

    ReplyDelete
  35. Mohon jawabannya bro.
    1. saya pake tromol ninja, bearing masih pake punya ninja, speedo jalan, tapi gerak jarumnya gak normal. Kayak ngambang.
    2. Kalo pake tromol depan jupi mx untuk bosh sampingnya harus bikin di tukang bubut apa pake bosh bawaan vixi? Untuk dudukan cakram tinggal pasang apa harus tambah braket? Trimakasih..

    ReplyDelete
  36. Bro kalo trombol belakang pake rx king apa aja yg harus dirubah

    ReplyDelete
  37. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  38. Mas2 mau nanya.. Ane ada veleg byson mau tak pasang d old vixion.. Yg depan bisa masuk.. Pas mau pasang yg belakang nap gear punya vixon sama byson nyangkut, nap gear belakang kira2 yg cocok pake apa ya..

    ReplyDelete
  39. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  40. Mas brow,vixi ku,depan pake tromol ninja,gear box pake punya ninja. Semua jalan normal.masalahnya roda ga bisa presisi pas di tengah. Belakang pakek tromol ori scorpio. PNP

    ReplyDelete
  41. Mas brow,vixi ku,depan pake tromol ninja,gear box pake punya ninja. Semua jalan normal.masalahnya roda ga bisa presisi pas di tengah. Belakang pakek tromol ori scorpio. PNP

    ReplyDelete
  42. Bearing voxion sama scorpio sama ga ya ? Saya punya old vixion mau pasang velg power bekas scorpio , yg belakang PNP , yg depan gimana ya ?

    ReplyDelete
  43. Permisi gan ane mau tanya kasus sama seperti yg saya sekarang alami untuk tromol sudah bisa masuk tapi kok cakram nya gak bisa ngepas ya sama kaliper nya alias gak center, saya pakai cakram nya punya e jupe. Terima kasih

    ReplyDelete
  44. Soryy gan numpang tanya, kalo pke dobel disc punya ninja, apa spidometernya bisa jalan, terimakasih

    ReplyDelete
  45. Klo pke tromol jupiter z bisa gak tuh

    ReplyDelete
  46. Mau tanya gan..
    Kalo trombol belakang Vega r d pasang d vixion old bisa ga yah kira"

    ReplyDelete