28 January 2010
25 January 2010
21 January 2010
variasi
| 3:17 PM
Knalpot CLD buat Ninja 250
20 January 2010
Tips
| 11:25 AM
Busi panas dan Busi Dingin
Ada banyak opini dari kalangan bikers,busi dingin lebih bagus dari busi panas karena mampu menghantarkan listrik lebih banyak dan tahan panas sehingga bisa meningkatkan performa plus irit bensin. Sebenarnya tidak salah opini tersebut tapi harus ada yang diluruskan nih. Jangan dilihat dari listrik yang dihantarkan lebih banyak dari busi panas tapi dilihat dari kemampuan busi untuk mentransfer panas diruang pembakaran. Busi dingin lebih mudah mentransfer panas dari pada busi panas. Busi dingin lebih cocok digunakan untuk motor yang sudah bore up dan mempunyai kompresi yang tinggi, diatas 10:1 kompresinya. Motor dengan mesin stándar bisa memakai busi dingin tapi lebih dianjurkan dengan lingkungan yang berhawa panas,misal di pantai atau di gurun. Busi dingin tidak bisa bekerja optimal bila suhu ruang bakar terlalu rendah,dibawah 400 derajat Celsius,karena akan terjadi carbon fouling dan bisa menyebabkan detonasi atau knocking dari bahan bakar yang tidak habis terbakar, jadi itulah alasan kenapa busi dingin cenderung untuk motor korekan dan lingkungan yang panas..
Sementara busi panas bukannya tidak bagus, busi panas tidak bisa bekerja jira temperatur ruang bakar mencapai 900 derajat Celsius dan bahan busi akan menyala sendiri padahal busi belum mengeluarkan bunga api. Akibatnya ser,setang ser, klep dan kruk as bisa rusak. Jadi ada baiknya lihat dahulu kondisi mesin, kompresi dan lingkungan tempat biasa menjalankan aktivitas.
Sementara busi panas bukannya tidak bagus, busi panas tidak bisa bekerja jira temperatur ruang bakar mencapai 900 derajat Celsius dan bahan busi akan menyala sendiri padahal busi belum mengeluarkan bunga api. Akibatnya ser,setang ser, klep dan kruk as bisa rusak. Jadi ada baiknya lihat dahulu kondisi mesin, kompresi dan lingkungan tempat biasa menjalankan aktivitas.
13 January 2010
12 January 2010
Yamaha
| 3:26 PM
Spesifikasi Yamaha Jupiter MX 135LC
11 January 2010
Info
| 12:24 PM
Rembesan Oli di Kepala Silinder
Rembesan Oli di Kepala Silinder
Bagi bro yang mempunyai bebek Honda bernama Karisma,pernah perhatikan bagian kepala silinder ente berwarna hitam,berminyak tidak?Jika pernah melihat dan ada seperti yang OM bilang,itu tandanya oli sudah bosen ada didalam kepala silinder dan ingin keluar...hehehehe...becanda.Maksudnya oli merembes keluar dari kepala silinder dikarenakan karet O-ring yang bertugas sebagai paking sudah keras atau sudah menjadi kempis.Nah jika sudah sperti itu,lebih baik segera ganti karet O-ringnya.Harga karet O-ring Honda Karisma yang orisinal sekitar Rp 20.000 ,sementara yang imitasi seharga Rp 6.000.Nah sterah ente nih,mau beli yang ori atau yang imit,tergantung dari kantong ente tapi OM saranin lebih baik ganti pakai yang orisinal,harga biasanya ga boong kan?
Tips
| 12:17 PM
Daftar Harga Cakram Variasi
Bajaj
| 10:29 AM
Spesifikasi Bajaj Pulsar 180
Bajaj
| 10:20 AM